METODE PEMBIASAAN SEBAGAI UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER ISLAMI ANAK DI TKIT PELITA HATI MUNTILAN MAGELANG

Chamid Ngabdullah NIM. 01410808, (2012) METODE PEMBIASAAN SEBAGAI UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER ISLAMI ANAK DI TKIT PELITA HATI MUNTILAN MAGELANG. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (METODE PEMBIASAAN SEBAGAI UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER ISLAMI ANAK DI TKIT PELITA HATI MUNTILAN MAGELANG)
BAB I,V.pdf - Published Version

Download (797kB) | Preview
[img] Text (METODE PEMBIASAAN SEBAGAI UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER ISLAMI ANAK DI TKIT PELITA HATI MUNTILAN MAGELANG)
BAB II,III,IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (222kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk dan pelaksanaan Metode Pembiasaan dalam Upaya pembentukan Karakter Islami di TKIT Pelita Hati Muntilan Magelang serta dukungan dan hambatan yang dihadapi. Hasil ini diharapkan dapat dipergunakan untuk menyempurnakan pelaksanaan pembiasaan dalam upaya pembentukan karakter Islami. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar TKIT Pelita Hati Muntilan. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi atau pengamatan, wawancara mendalam dan pengamatan. Analisi data dilakukan berdasarkan analisis interaktif yang terdiri dari tiga alur yang saling berinteraksi, yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Bentuk pembiasaan yang diterapkan yaitu baca tulis Alquran, shalat dhuhur berjamaah, adab di masjid, pemutaran lagu Islami, Hafalan doa sehari-hari, mengucapkan salam, adab makan dan minum, latihan infaq dan sodaqoh serta membuang sampah pada tempatnya. Pelaksanaan pembiasaan sudah berjalan dengan baik karena pembiasaan tersebut masuk dalam kegiatan sehari-hari dan terjadwal dengan baik. (2) Karakter yang telah muncul dalam diri siswa melalui pembiasaan tersebut adalah ketaatan beribadah, tolong menolong dan kasih sayang dengan sesama, suka kebersihan dan hidup hemat. Hal yang menjadi dukungan adalah kesadaran guru sudah tinggi, sarana dan prasarana yang cukup memadai dan program yang jelas. Kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pembiasaan tersebut adalah minimnya dukungan orang tua, cara belajar siswa yang lamban, kebiasaan di rumah yang kurang baik serta tayangan atau kekerasan yang sering ditampilkan di media massa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Mujahid M.Ag
Uncontrolled Keywords: Metode, Pembiasaan, Pembentukan, Karakter, Islami, Anak
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 06 Aug 2012 18:06
Last Modified: 23 Apr 2024 14:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2327

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum