ANALISIS PENGARUH NILAI TUKAR RUPIAH TERHADAP PERMINTAAN EKSPOR KARET ALAM INDONESIA OLEH PASAR DUNIA

LUKMAN, NIM. 09660019 (2016) ANALISIS PENGARUH NILAI TUKAR RUPIAH TERHADAP PERMINTAAN EKSPOR KARET ALAM INDONESIA OLEH PASAR DUNIA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PENGARUH NILAI TUKAR RUPIAH TERHADAP PERMINTAAN EKSPOR KARET ALAM INDONESIA OLEH PASAR DUNIA)
09660019_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PENGARUH NILAI TUKAR RUPIAH TERHADAP PERMINTAAN EKSPOR KARET ALAM INDONESIA OLEH PASAR DUNIA)
09660019_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Sebagai salah satu negara pengekspor karet alam terbesar di dunia. Indonesia harus memiliki strategi yang tepat dalam memprediksi permintaan karet alam untuk periode mendatang. Oleh karena itu, ketepatan dalam menghitung permintaan karet alam di pasar dunia pada periode mendatang mutlak diperlukan. Selain itu, Volume ekspor k a r e t a l am terkait erat dengan nilai tukar. Penelitian ini menggunakan peramalan metode single moving average, double exponential smoothing dan metode linier. Data diambil dari Dirjen Perkebunan Kementerian Pertanian dan data nilai kurs rupiah berasal dari university of british Columbia. Perhitungan Mean Absolute Deviation (MAD) dan Mean Squared Error (MSE) diketahui nilai kesalahan terkecil menggunakan metode Double Exponential smoothing a =0,5 dengan nilai Mean Absolute Deviation (MAD) 136.319,7 dan nilai Mean Squared Error (MSE) 32.424.286.89; maka metode peramalan tersebut merupakan metode peramalan yang paling tepat dan akan digunakan untuk meramalkan permintaan pada tahun 2017. Dengan menggunakan metode peramalan Double Exponential smoothing a =0,5, permintaan pada tahun 2017 diperkirakan mencapai 1.856.272,2 Ton. Berdasarkan Pengujian Hipotesis Asosiatif, mengunakan korelasi product moment dapat disimpulkan bahwa nilai tukar rupiah dari tahun 1976 hingga 2015 berpengeruh positif dan signifikan terhadap nilai ekspor dari tahun 1976 hingga 2015 dengan koefisien determinasi sebesar 25%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dwi Agustina Kurniawati, S.T., M.Eng
Uncontrolled Keywords: Nilai Tukar, Ekspor, Karet Alam, Double Exponential Smoothing, Single Moving Average, Metode Linear, Hipotesis Asosiatif Product Moment.
Subjects: Tehnik Industri
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 28 Dec 2016 13:54
Last Modified: 28 Dec 2016 13:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23286

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum