PELAKSANAAN KURIKULUM TERPADU DI MADRASAH TSANAWIYAH SUNAN PANDANARAN SLEMAN YOGYAKARTA

Diyah Maftuhah NIM.0241372, (2009) PELAKSANAAN KURIKULUM TERPADU DI MADRASAH TSANAWIYAH SUNAN PANDANARAN SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PELAKSANAAN KURIKULUM TERPADU DI MADRASAH TSANAWIYAH SUNAN PANDANARAN SLEMAN YOGYA)
BAB I,V.pdf - Published Version

Download (555kB) | Preview
[img] Text (PELAKSANAAN KURIKULUM TERPADU DI MADRASAH TSANAWIYAH SUNAN PANDANARAN SLEMAN YOGYA)
BAB II,III,IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (264kB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang pelaksanaan kurikulum terpadu di Madrasah Tsanawiyah Sunan Pandanaran Sleman Yogyakarta ditinjau dari sisi tujuan, materi, metode, evaluasi dan hasil yang dicapai serta faktor-faktor pendukung dan penghambat yang dialami selama pelaksanaan beserta solusi yang dilakukan untuk mengatasinya. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan saran dan pemikiran dari proses pelaksanaan antara kurikulum Departemen Agama, Departemen Pendidikan Nasional dan Pesantren. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang mengambil latar di Madrasah Tsanawiyah Sunan Pandanaran Dusun Candi Sardonoharjo Kecamatan Ngaglik Kabupaten Sleman DIY. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberi makna terhadap data yang telah berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah diambil kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Tujuan pelaksanaan kurikulum terpadu adalah wujud dari tujuan pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Sunan Pandanaran yang tercantum dalam visi misi dan tujuan MTS Sunan Pandanaran secara umum yaitu mencetak generasi Islam yang mandiri dan tangguh serta cakap dalam penguasaan IPTEK dan ilmu agama, materi yang diberikan dalam pelaksanaannya menggunakan kurikulum yang ditetapkan oleh Diknas, Depag dan pesantren, metode yang dikembangkan disana tidak terlepas dari petunjuk strategis yang telah ada dalam kurikulum pemerintah yang kemudian didukung oleh metode yang dikembangkan oleh masing-masing guru dengan kreativitas dan kebutuhan peserta didik, evalausi yang digunakan adalah dengan teknik tes yang terdiri dari tes tertulis melalui tes formatif dan sumatif, tes lisan dan praktik juga menggunakan teknik nontes yang merupakan pengamatan secara sistematis. 2) Meskipun belum ideal, namun telah ditemukan unsurunsur kurikulum terpadu dalam pelaksaan kurikulum terpadu di Madrasah Tsanawiyah Sunan Pandanaran. 3) Sedangkan hasil pelaksanaan yang dicapai dapat dilihat dari prestasi belajar siswa menurut rata-rata kelas yang memenuhi standar ketuntasan yang telah ditetapkan oleh madrasah yaitu 75. Adapun pada tahun ajaran 2005/2006 memperoleh peringkat ke-2 nilai terbaik UAN se-propinsi DIY. 4) Faktor pendukung dalam pelaksanaan adalah sangat memadainya sarana prasarana yang ada, koordinasi dan interaksi yang terjalin sangat baik antara kepala sekolah dengan seluruh komponennya serta profesionalitas guru dalam kesesuaian mata pelajaran yang diampu. Sedangkan faktor penghambatnya adalah keberadaan orangtua yang jauh dari siswa sehingga kurang bisa mengontrol perkembangan prestasi belajar, padatnya jadwal kegiatan sehingga siswa cepat merasa capek dan jenuh serta perbedaan minat siswa dalam belajar sehingga mempengaruhi semangat untuk menerima pelajaran. Solusi untuk mengatasinya adalah dengan menjalin komunikasi yang baik dari pihak madrasah dan pesantren kepada orangtua dengan cara sering mengadakan pertemuan tiap semester serta selalu menjalin komunikasi yang baik, selain itu juga pihak madrasah sering mengadakan kegiatan diluar kelas untuk melepas penat seperti outbond, serta lebih memfungsikan peran para pembina asrama sebagai wakil dari orangtua untuk memberi semangat siswa dalam belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dra. Hj. Afiyah, AS,M.Si
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan Kurikulum Terpadu, Madrasah Tsanawiyah Sunan Pandanaran
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 08 Aug 2012 15:55
Last Modified: 08 Aug 2012 16:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2330

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum