MANAJEMEN ORGANISASI KELOMPOK TANI IBU-IBU DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN KELUARGA (Studi : Pada Kelompok Tani Widodo Kembang Dusun Gebang Desa Ngloro Kecamatan Saptosari Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta)

MHD. AMIN, NIM 12240051 (2016) MANAJEMEN ORGANISASI KELOMPOK TANI IBU-IBU DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN KELUARGA (Studi : Pada Kelompok Tani Widodo Kembang Dusun Gebang Desa Ngloro Kecamatan Saptosari Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img] Text (MANAJEMEN ORGANISASI KELOMPOK TANI IBU-IBU DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN KELUARGA (Studi : Pada Kelompok Tani Widodo Kembang Dusun Gebang Desa Ngloro Kecamatan Saptosari Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta))
12240051_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text (MANAJEMEN ORGANISASI KELOMPOK TANI IBU-IBU DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN KELUARGA (Studi : Pada Kelompok Tani Widodo Kembang Dusun Gebang Desa Ngloro Kecamatan Saptosari Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta))
12240051_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kelompok Tani Ibu-ibu Perdesaan merupakan salah satu wadah yang dapat menjadi harapan bagi keluarga tani karena sumber daya yang ada didalamnya dapat dimanfaatkan. Sebagai organisasi yang mewadahi kaum wanita tani dalam upaya meningkatkan pendapatan keluarga maka, peranan Kelompok Tani Ibu-ibu Perdesaan sangatlah diharapkan sehingga keluarga tani yang terlibat dalam kelompok tersebut dapat diberdayakan dengan menggali berbagai potensi yang dimiliki oleh kaum wanita sehingga tujuan untuk meningkatkan perokonomian anggota kelompok tani dapat terwujudkan. Organisasi sebagai penampung sekaligus sentral dalam pemberdayaan Kelompok Tani Ibu-ibu di Dusun Gebang sudah semestinya menerapkan sistem pengelolahan manajemen organisasinya secara profesional, karena manajemen organisasi yang baik akan menentukan keberhasilan organisasi dalam mencapai tujuan yang ingin di capai. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, dengan berusaha menggambarkan hasil penelitian apa adanya. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian diolah dalam bentuk kata-kata atau teks yang kemudian dituangkan ke dalam bentuk deskripsi atau narasi. Subyek dalam penelitian ini yaitu Pimpinan, Pengurus dan Anggota Kelompok Tani Widodo Kembang, sedangkan obyek penelitian ini adalah seluruh kegiatan yang berkaitan dengan manajemen organisasi Kelompok Tani Widodo Kembang dalam meningkatkan pendapatan keluarga. Hasil penelitian ini yaitu, eksistensi serta peranan Kelompok Tani Widodo Kembang memberikan kontribusi pada peningkatan pendapatan usaha tani melalui penyediaan sarana pupuk bersubsidi dan bibit unggul, menambah teknik bertani dengan dilaksanakannya pelatihan pertanian dan Sekolah Lapangan (SL) anggota tani di ajarkan bagaimana bertani secara profesional yaitu dari mulai pengolahan tanah, penanaman hingga pemupukan yang benar, mudahnya informasi sampai keseluruh anggota terkait bantuan. Sedangkan upayan peningkatan pendapatan dilakukan dengan bertani padi, jagung, kacang, singkong dan beternak sapi ataupun kambing. Namun manajemen organisasi masih belum optimal terkait belum ada perencanaan yang jelas, belum ada AD/ART, jadwal bertani dan pembagian kerja yang masih tumpang tindih, pengelolahan keuangan yang masih tradisional, hingga pengambilan keputusan yang belum terstruktur. Keyword: Penerapan Manajemen Organisasi, Upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga, Kelompok Tani Ibu-Ibu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Mokh. Nazili, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Penerapan Manajemen Organisasi, Upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga, Kelompok Tani Ibu-Ibu.
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 30 Dec 2016 14:38
Last Modified: 30 Dec 2016 14:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23309

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum