PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (STUDI KASUS PADA FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

Muhamad Saparudin, NIM : 12240068 (2016) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (STUDI KASUS PADA FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (STUDI KASUS PADA FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
12240068_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (STUDI KASUS PADA FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
12240068_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pelayanan konsumen yang berkualitas dan bermutu merupakan kunci sukses dan hal yang paling dasar untuk membangun keberhasilan dan kemajuan bagi perusahaan, instansi atau lembaga dalam bidang apapun. Kualitas pelayanan yang baik tentu menjadi harapan bagi konsumen yang menikmati langsung produk barang/jasa yang ditawarkan. Kepuasan konsumen merupakan salah satu tujuan dari adanya sebuah organisasi, tujuan tersebut dapat dicapai dengan memberikan pelayanan yang prima dan pelayanan yang profesional. Semakin tinggi kualitas pelayanan yang diberikan maka tingkat kepuasan konsumen akan semakin tinggi juga. Fakultas Dakwah dan Komunikasi, yang merupakan bagian dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta berkaitan dengan hal pelayanan, yaitu pelayanan kepada mahasiswa yang berada di lingkungan fakultas. Pelayanan yang diberikan oleh karyawan itu akan berdampak kepada mahasiswa yang menerima pelayanan tersebut, baik itu berdampak negatif atau positif. Kualitas pelayanan yang diberikan oleh karyawan Fakultas Dakwah dan Komunikasi masih kurang maksimal atau kurang sesuai dengan harapan mahasiswa, padahal pelayanan adalah kunci bagi keberlangsungan sebuah organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris mengenai pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen di Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Metode penelitian ini dilakukan dengan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan, dilengkapi dengan dokumentasi dan wawancara. Subyek penelitian ini yakni mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta angkatan 2013/2014. Obyek penelitian ini dipengaruhi oleh kualitas pelayanan. Dalam menentukan responden, penelitian ini menggunakan teknik proportionate random sampling. Pengujian statistik dengan analisis uji regresi linier sederhana, dan uji hipotesis (Uji t, uji koefisien determinasi). Hasil penelitian uji hipotesis dengan menggunakan uji t ditemukan hasil bahwasannya variabel kualitas pelayanan memiliki signifikansi 0,475 > 0,05 maka tidak terdapat pengaruh positif dan signifikan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen di Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Sedangkan hasil uji koefisien determinasi ditemukan hasil 0,005. Hal ini berarti variabel kepuasan konsumen dipengaruhi oleh kualitas pelayanan sebesar 5%. Kata kunci: kualitas pelayanan dan kepuasan konsumen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: H. Andy Dermawan, M. Ag
Uncontrolled Keywords: kualitas pelayanan dan kepuasan konsumen.
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 30 Dec 2016 09:10
Last Modified: 30 Dec 2016 09:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23313

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum