MANAJEMEN PONDOK PESANTREN KOTAGEDE HIDAYATUL MUBTADI-IEN YOGYAKARTA (STUDI ATAS FUNGSI ORGANIZING DAN CONTROLLING) TAHUN 2015-2016

Muwaffaq Muslim Hussein, NIM 12240081 (2016) MANAJEMEN PONDOK PESANTREN KOTAGEDE HIDAYATUL MUBTADI-IEN YOGYAKARTA (STUDI ATAS FUNGSI ORGANIZING DAN CONTROLLING) TAHUN 2015-2016. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PONDOK PESANTREN KOTAGEDE HIDAYATUL MUBTADI-IEN YOGYAKARTA (STUDI ATAS FUNGSI ORGANIZING DAN CONTROLLING) TAHUN 2015-2016)
12240081_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PONDOK PESANTREN KOTAGEDE HIDAYATUL MUBTADI-IEN YOGYAKARTA (STUDI ATAS FUNGSI ORGANIZING DAN CONTROLLING) TAHUN 2015-2016)
12240081_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Muwaffaq Muslim Hussein, Manajemen Pondok Pesantren Kotagede Hidayatul Mubtadi-ien Yogyakarta (Studi Atas Fungsi Organizing dan Controlling) Tahun 2015-2016. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketidak disiplinan santri maupun ustaz dalam mengikuti serangkaian kegiatan pondok pesantren, sehingga memunculkan pertanyaan bagaimanakah peranan fungsi organik manajemen yakni fungsi pengorganisasian (Organizing) dan pengawasanya (controlling)? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengorganisasian dan pengawasan yang diterapkan oleh pengelola Pondok Pesantren Kotagede Hudayatul Mubtadi-ien. Metode pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi, masing-masing proses pengumpulanya melalui dua sesi atau tahapan, yakni yang pertama fokus pada bahasan pengorganisasian lalu sesi yang kedua fokus pada bahasan pengawasan. Interpretasi datanya menggunakan format deskriptif kualitatif dari Burhan Bungin, dan analisis data secara induktif dari Lexy J. Moleong. Subjek penelitian ini adalah santri pondok pesantren, ustaz dan pengurus dilaksanakan pada pertengahan kepengurusan masa khidmat 2015-2017, yakni dari bulan 18 Maret hingga 30 Mei 2016. Hasil penellitian ini ditemukan bahwa pengorganisasian yang sudah diterapkan di pondok pesantren pada penentuan rentang kendali masih belum memiliki standar yang jelas dan bagan struktur organisasinya masih terdapat kesalahan. Selain itu dalam upaya pengawasan sumberdaya pondok pesantren, laporan yang didapatkan pengasuh kurang objektif sehingga berakibat pada kurangnya tindakan represif untuk menindak lanjuti penyimpangan yang dilakukan oleh santri dan ustaz. Kata kunci: Manajemen pondok pesantren, pengorganisasian (organizing) dan pengawasan (controlling).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: H. Andy Dermawan, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Manajemen pondok pesantren, pengorganisasian (organizing) dan pengawasan (controlling).
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 29 Dec 2016 10:37
Last Modified: 29 Dec 2016 10:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23317

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum