IMPLEMENTASI AKAD MURABAHAH KEPEMILIKAN RUMAH DALAM MENGHADAPI PEMBIAYAAN BERMASALAH DI CONSUMER FINANCING BUSINESS CENTER (CFBC) PT. BANK SYARIAH MANDIRI KCP AMBARRUKMO YOGYAKARTA

Ratna Ayu Ningsih, NIM: 12240117 (2016) IMPLEMENTASI AKAD MURABAHAH KEPEMILIKAN RUMAH DALAM MENGHADAPI PEMBIAYAAN BERMASALAH DI CONSUMER FINANCING BUSINESS CENTER (CFBC) PT. BANK SYARIAH MANDIRI KCP AMBARRUKMO YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI AKAD MURABAHAH KEPEMILIKAN RUMAH DALAM MENGHADAPI PEMBIAYAAN BERMASALAH DI CONSUMER FINANCING BUSINESS CENTER (CFBC) PT. BANK SYARIAH MANDIRI KCP AMBARRUKMO YOGYAKARTA)
12240117_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI AKAD MURABAHAH KEPEMILIKAN RUMAH DALAM MENGHADAPI PEMBIAYAAN BERMASALAH DI CONSUMER FINANCING BUSINESS CENTER (CFBC) PT. BANK SYARIAH MANDIRI KCP AMBARRUKMO YOGYAKARTA)
12240117_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (786kB)

Abstract

Ratna Ayu Ningsih (12240117), Implementasi Akad Murabahah Kepemilikan Rumah Dalam Menghadapi Pembiayaan Bermasalah Di Consumer Financing Business Center (CFBC) PT. Bank Syariah Mandiri KCP Ambarrukmo Yogyakarta, skripsi Jurusan Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, april 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pemberian Pembiayaan Pemilikan Rumah pada Consumer Financing Business Center (CFBC) kantor khusus pelayanan pembiayaan konsumtif (perumahan) di PT. Bank Syariah Mandiri KCP Ambarrukmo Yogyakarta, berdasarkan prinsip kehatihatian (Prudential Principles) yang terdapat pada Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2008 Tentang Perbankan Syariah, serta bagaimana strategi dan langkahlangkah dalam mengatasi pembiayaan bermasalah. Dalam menjalankan bisnis perbankan, Bank Syariah tidak terlepas dari pembiayaan bermasalah (default). Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan strategi dan langkah-langkah khusus dalam menangani pembiayaan bermasalah. Penelitian ini bersifat baru, penyusun belum menemukan hasil penelitian yang secara khusus meneliti Implementasi Akad Murabahah Kepemilikan Rumah Dalam Menghadapi Pembiayaan Bermasalah terlebih di Consumer Financing Business Center (CFBC) PT. Bank Syariah Mandiri KCP Ambarrukmo Yogyakarta. Maksud pembiayaan bermasalah dalam penelitian ini adalah ketika nasabah tidak mampu melunasi kewajibannya terhadap bank tepat pada waktunya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptifkualitatif. Dalam teknisnya, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan studi dokumen. Setelah data-data terkumpul kemudian mengklasifikasikan, mengedit dan menyajikan data sesuai jenis masingmasing data. Sebelum data terkumpul dianalisa terlebih dahulu dan pengecekan keabsahannya dilakukan melalui metode triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Consumer Financing Business Center (CFBC) PT. Bank Syariah Mandiri KCP Ambarrukmo Yogyakarta telah menerapkan Prinsip Kehati-Hatian 5C (Prudential Principles) Yang Terdapat Pada Undang-Undang No. 21 Tahun 2008 Tentang Perbankan Syariah, dan telah sesuai pada Penyelesaian Sengketa Antara Bank Dengan Nasabah yang terdapat dalam Peraturan Bank Indonesia (PBI) No. 9/19/PBI/2007 Pasal 4 Tentang Pelaksanaan Prinsip Syariah Dalam Kegiatan Penghimpunan Dana Dan Penyaluran Dana Serta Pelayanan Jasa Bagi Bank Syariah. Terbukti Consumer Financing Business Center (CFBC) PT. Bank Syariah Mandiri KCP Ambarrukmo Yogyakarta telah menekan jumlah pembiayaan bermasalah (Non Performing Financing) dibawah 1% pada akhir tahun 2015. Kata Kunci: Pembiayaan Pemilikan Rumah, Akad Murabahah, Pembiayaan Bermasalah, Consumer Financing Business Center (CFBC), PT. Bank Syariah Mandiri (Persero), Tbk.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Hj. Mikhriani, M.M.
Uncontrolled Keywords: Pembiayaan Pemilikan Rumah, Akad Murabahah, Pembiayaan Bermasalah, Consumer Financing Business Center (CFBC), PT. Bank Syariah Mandiri (Persero), Tbk.
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 30 Dec 2016 14:35
Last Modified: 30 Dec 2016 14:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23326

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum