PERAN KARANG TARUNA CENGKEHAN DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI WISATA AIR TERJUN SEWU WATU: Studi di Dusun Cengkehan, Desa Wukirsari, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul

NURIS SALAM, NIM: 12230080 (2016) PERAN KARANG TARUNA CENGKEHAN DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI WISATA AIR TERJUN SEWU WATU: Studi di Dusun Cengkehan, Desa Wukirsari, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PERAN KARANG TARUNA CENGKEHAN DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI WISATA AIR TERJUN SEWU WATU: Studi di Dusun Cengkehan, Desa Wukirsari, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul)
12230080_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PERAN KARANG TARUNA CENGKEHAN DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI WISATA AIR TERJUN SEWU WATU: Studi di Dusun Cengkehan, Desa Wukirsari, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul)
12230080_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (853kB)

Abstract

Indonesia merupakan Negara maritim yang memiliki banyak potensi baik itu dari sumber daya alam. Hal ini dapat dilihat dari berbagai pulau yang mempunyai kekayaan alam tersendiri, Yogyakarta merupakan salah satu kota di Indonesia yang sukses dengan konsep infrastruktur baik itu dari pengembangan Desa wisata atau Dusun wisata, tetapi Yogyakarta bisa maju atau berkembang karena tidak lepas dari peran dari lembaga kepemerintahan atau organisasi kepemudaan dalam bidang usaha kesejahteran sosial, seperti Karang Taruna Cengkehan yang mempunyai tugas menjadi fasilitasi, pendidik, perwakilan, dan peran keterampilan teknik untuk melakukan pemberdayaan masyarakat dengan melalui wisata Air Terjun Sewu Watu. Adanya peran Karang Taruna Cengkehan dalam pemberdayaan masyarakat melalui wisata Air Terjun Sewu Watu bisa membantu masyarakat Dusun Cengkehan, bias meningkatkan lapangan pekerjaan dan bertambahnya ekonomi yang lebih baik. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji, dan mendiskripsikan mengenai peran dan hasil Karang Taruna Cengkehan dalam pemberdayaan masyarakat melalui wisata Air Terjun Sewu Watu. metode penelitian ini menggunakan diskriptif kualitatif. Teknik penetuan informan menggunakan teknik bola salju (snow balling). Sedangkan untuk teknik penggumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Data-data yang telah diperoleh dapat dilihat validitas datanya dengan melalui beberapa tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data dan terakhir adalah penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peran yang dilakukan Karang Taruna Cengkehan terdiri dari beberapa peran. Pertama peran dalam Fasilitasi tahap ini menunjukan Karang Taruna Cengkehan memberikan (Social Animation) semangat atau mengaktifkan dan bekerjasama dengan masyarakat untuk memperdayaakan masyarakat melalui wisata Air Terjun Sewu Watu, Kedua peran dalam mendidik tahap ini menunjukan Karang Taruna memberikan motivasi dan pelatihan kepada pemuda, pemudi dan masyarakat Dusun Cengkehan untuk bisa maju dan berkembang dalam pendidikan. Ketiga peran dalam perwakilan, tahap ini Karang Taruna Cengkehan melakukan network dan sharing untuk bisa mensejahterakan masyarakat Cengkehan dengan melalui wisata Air Terjun Sewu Watu. Keempat peran dalam keterampilan teknik ahap ini menunjukan Karang Taruna Cengkehan memberikan pelatihan dalam bidang kewirausahan. Sedangkan untuk hasil dari peran Karang Taruna Cengkehan dalam pemberdayaan melalui wisata Air Terjun Sewu Watu adalah meningkatkan lapangan pekerjaan dan meningkatkan ekonomi masyarakat untuk lebih sejahtera dengan melalui wisata Air Terjun Sewu Watu. Kata Kunci: Peran Karang Taruna Cengkehan, pemberdayaan, wisata Air Terjun Sewu Watu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Suyanto, S.Sos., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Peran Karang Taruna Cengkehan, pemberdayaan, wisata Air Terjun Sewu Watu.
Subjects: Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 30 Dec 2016 14:44
Last Modified: 30 Dec 2016 14:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23348

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum