PENGEMBANGAN ORGANISASI BERBASIS MANAJEMEN PERUBAHAN (Studi di SMP Terpadu Ma’arif Gunungpring, Muntilan, Kabupaten Magelang)

Yuli Alfah, NIM 12240017 (2016) PENGEMBANGAN ORGANISASI BERBASIS MANAJEMEN PERUBAHAN (Studi di SMP Terpadu Ma’arif Gunungpring, Muntilan, Kabupaten Magelang). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN ORGANISASI BERBASIS MANAJEMEN PERUBAHAN (Studi di SMP Terpadu Ma’arif Gunungpring, Muntilan, Kabupaten Magelang))
12240017_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN ORGANISASI BERBASIS MANAJEMEN PERUBAHAN (Studi di SMP Terpadu Ma’arif Gunungpring, Muntilan, Kabupaten Magelang))
12240017_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

SMP Terpadu Ma‟arif Gunungpring, Muntilan merupakan lembaga pendidikan yang bernaung dibawah yayasan LP. Ma‟arif NU. Faktor perubahan menyebabkan SMP Terpadu Ma‟arif melakukan serangkaian manajemen perubahan untuk pengembangan organisasi. Manajemen perubahan adalah suatu proses sistematis dalam menerapkan pengetahuan, sarana, dan sumber daya yang diperlukan untuk mempengaruhi perubahan pada orang yang terkena proses tersebut. Kepala sekolah sebagai bentuk agen perubahan harus mampu membawa sekolah pada serangkaian manejemen perubahan untuk pengembangan SMP Terpadu Ma‟arif. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana manajemen perubahan yang dilakukan untuk pengembangan organisasi di SMP Terpadu Ma‟arif Gunungpring, Muntilan, Kabupaten Magelang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu dengan menggunakan reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan teknik triangulasi, yaitu triangulasi metode dan triangulasi sumber data. Hasil penelitian menunjukkan tindakan gaya kepemimpinan controlling change leader kepala sekolah mampu menciptakan pernyataan baru dalam rangka peningkatan aspek kesiswaan. Tetapi disisi lain, optimalisasi pendayagunaan siswa juga mengakibatkan ancaman dari sudut pandang lembaga dengan menelaah perubahan sekolah yang telah terjadi. Inovasi yang terfokus pada aspek kesiswaan yang terdapat pada perubahan visi dan misi, membuat lambatnya dalam peningkatan kelembagaan SMP Terpadu Ma‟arif. Kata Kunci: Pengembangan Organisasi, Manajemen Perubahan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Achmad Muhammad, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Organisasi, Manajemen Perubahan
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 05 Jan 2017 09:04
Last Modified: 05 Jan 2017 09:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23358

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum