KONSEP PENDIDIKAN HUMANIS H.A.R TILAAR DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

PRAMONO, NIM. 10410130 (2016) KONSEP PENDIDIKAN HUMANIS H.A.R TILAAR DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSEP PENDIDIKAN HUMANIS H.A.R TILAAR DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
10410130_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (KONSEP PENDIDIKAN HUMANIS H.A.R TILAAR DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
10410130_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (841kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pendidikan humanis H.A.R Tilaar dan untuk menganalisis bagaimana relevansinya dengan pendidikan agama Islam. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat dipergunakan untuk menyempurnakan konsep pendidikan humanis dalam pendidikan agama Islam. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kepustakaan (library research) dalam artian bahwa data-data yang mendukung penelitian ini berasal dari sumber pustaka baik berupa buku, ensiklopedia, jurnal, majalah, surat kabar, dan sebagainya. Dalam menghimpun data penulis mendapatkannya dari dua sumber, yaitu sumber primer dan sekunder. Penelitian ini bersifat deskriptif analitis, yaitu penelitian yang menggambarkan apa yang menjadi pemikiran H.A.R Tilaar tentang pendidikan humanis, lalu ditafsirkan, dan dianalisis berdasarkan metode penelitian. Hasil penelitian Pendidikan Humanis dalam pandangan Tilaar adalah proses manusiawi atau pemanusiaan kembali manusia. Ada enam komponen pendidikan humanis meliputi: manusia, guru / pendidik, siswa / peserta didik, tujuan pendidikan dan metode pendidikan. Manusia merupakan makhluk yang paling sempurna dibandingkan dengan makhluk-makhluk Tuhan lainnya. guru adalah fasilitator yang mempunyai kemampuan dan tugas mulia mengembangkan potensi peserta didik, menjadikan manusia menjadi manusia yang lebih baik sebagai tujuan dari pendidikan, mengharuskan terciptanya suasana perjumpaan yang harmonis antara pendidik dan peserta didik dimana proses pembelajaran berjalan dua arah Beberapa nilai yang menjadi titik tekan dari pemikiran HAR Tilaar yang bisa dihubungkan ke dalam pendidikan Islam yaitu: Pertama nilai-nilai kemanusiaan, yaitu sebenarnya manusia mempunyai potensi untuk berkembang dan berubah. Kedua, nilai kesetaraan atau persamaan, yakni proses pendidikan seharusnya memberikan kesempatan yang sama untuk berpartisipasi dalam pendidikan. Ketiga, menginginkan peserta didik dapat aktif berpartisipasi dalam berjalannya proses belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Tasman Hamami, MA
Uncontrolled Keywords: Konsep Pendidikan Humanis, H.A.R Tilaar, Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 09 Jan 2017 08:07
Last Modified: 09 Jan 2017 08:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23393

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum