PELAKSANAAN PENDIDIKAN AKIDAH AKHLAK PADA ANAK DENGAN MODEL HOMESCHOOLING ( STUDI KASUS PADA KELUARGA KOMUNITAS JOGJA ISLAMIC HOME EDUCATION )

AGIL PURNAMA FITRI, NIM. 11410044 (2016) PELAKSANAAN PENDIDIKAN AKIDAH AKHLAK PADA ANAK DENGAN MODEL HOMESCHOOLING ( STUDI KASUS PADA KELUARGA KOMUNITAS JOGJA ISLAMIC HOME EDUCATION ). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PELAKSANAAN PENDIDIKAN AKIDAH AKHLAK PADA ANAK DENGAN MODEL HOMESCHOOLING ( STUDI KASUS PADA KELUARGA KOMUNITAS JOGJA ISLAMIC HOME EDUCATION ))
11410044_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PELAKSANAAN PENDIDIKAN AKIDAH AKHLAK PADA ANAK DENGAN MODEL HOMESCHOOLING ( STUDI KASUS PADA KELUARGA KOMUNITAS JOGJA ISLAMIC HOME EDUCATION ))
11410044_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah adanya gejala-gejala pudarnya karakter mulia yang seharusnya ada pada generasi yang terdidik di Indonesia. Pendidikan disadari hanya dalam lingkup sekolah sehingga peran keluarga pun kian luntur. Padahal dalam sudut pandang islam keluarga adalah tempat belajar pertama bagi anak. Pendidikan anak dalam keluarga dengan model homeschooling menjadi alternatif pendidikan anak demi terbentuknya generasi yang cerdas dan berakhlak mulia. Hal ini disadari oleh sebuah komunitas homeschooling di Yogyakarta yang menamai diri sebagai Jogja Islamic Home Education. Keluarga di komunitas Jogja Islamic Home Education berupaya menanamkan nilai-nilai pendidikan berupa tauhid, syukur, dan adab, sehingga menjadikan pendidikan akidah dan akhlak sebagai pendidikan yang inti untuk ditanamkan dan diupayakan dapat menyatu dalam keseharian anak yang didampingi orang tua di rumah. Penelitian ini merupakan jenis penelititan kualitatif dengan subjek penelitian beberapa keluarga anggota komunitas Jogja Islamic Home Education. Pengumpulan data yang dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi. Analisis data yang dilakukan dengan penalaran induktif yang berarti dari fakta- fakta khusus, peristiwa-peristiwa yang konkrit dan khusus kemudian ditarik generalisasi yang mempunyai sifat umum. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa) 1) konsep pendidikan akidah akhlak dengan model homeschooling pada keluarga komunitas Jogja Islamic Home Education adalah pendidikan dengan upaya internalisasi nilai tauhid, adab, dan syukur melalui proses pendidikan sepanjang waktu dengan teladan dan bimbingan. 2) Pelaksanaan pendidikan akidah akhlak dengan model homeschooling bertujuan untuk terbentuknya pribadi anak yang aḥsanu ‘amalā, yakni pribadi dengan membiasakan beramal terbaik, dengan iman yang kuat dan akhlak islami. Metode pendidikan akidah akhlak yang diterapkan ialah dengan metode diskusi, metode pemahaman, metode penugasan, metode membaca, metode karya wisata, metode lingkaran dengan bentuk ta’lim keluarga, disertai dengan kegiatan tahsin dan tahfidz al-Qur‟an dan family gathering. Evaluasi dilaksanakan secara non tes melalui review materi dan penilaian sikap. 3) Hasil pendidikan akidah akhlak dengan model homeschooling secara umum sudah sesuai dengan target yang diharapkan orang tua karena sudah terbentuk pemahaman dan kebiasaan yang mencerminkan kebaikan tauhid dan adab anak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Mujahid, M.Ag
Uncontrolled Keywords: homeschooling, akidah, akhlak.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 09 Jan 2017 08:19
Last Modified: 09 Jan 2017 08:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23395

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum