DAMPAK KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL TERHADAP PERUBAHAN BUDAYA ORGANISASI DAN BUDAYA KERJA DI SMP MUHAMMADIYAH 2 GAMPING, SLEMAN, YOGYAKARTA

MUHAMMAD LUKMAN HAJIR, NIM. 09470143 (2016) DAMPAK KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL TERHADAP PERUBAHAN BUDAYA ORGANISASI DAN BUDAYA KERJA DI SMP MUHAMMADIYAH 2 GAMPING, SLEMAN, YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DAMPAK KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL TERHADAP PERUBAHAN BUDAYA ORGANISASI DAN BUDAYA KERJA DI SMP MUHAMMADIYAH 2 GAMPING, SLEMAN, YOGYAKARTA)
09470143_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (DAMPAK KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL TERHADAP PERUBAHAN BUDAYA ORGANISASI DAN BUDAYA KERJA DI SMP MUHAMMADIYAH 2 GAMPING, SLEMAN, YOGYAKARTA)
09470143_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (889kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah adanya indikasi bahwa kepala sekolah SMP Muhammadiyah 2 Gamping Sleman mampu menerapkan kepemimpinan transformasional. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan kepemimpinan transformasional dan bagaimana dampak kepemimpinan transformasional terhadap perubahan budaya organisasi dan budaya kerja di SMP Muhammadiyah 2 Gamping. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan kepemimpinan transformasional di SMP Muhammadiyah 2 Gamping dan dampak kepemimpinan transformasional terhadap perubahan budaya organisasi dan budaya kerja di SMP Muhammadiyah 2 Gamping. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan mengambil latar SMP Muhammadiyah 2 Gamping Sleman. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, display data baru kemudian ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Kepala SMP Muhammadiyah 2 Gamping Sleman mampu menerapkan kepemimpinan transformasional dengan baik. Hal tersebut dapat diketahui dari tiga ranah yaitu penguatan internal pendidik dan tenaga kependidikan, pengembangan terhadap kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan, dan pengambilan kebijakan. (2) Kepemimpinan transformasional yang dilakukan oleh kepala sekolah memberikan dampak positif terhadap perubahan budaya organisasi dan budaya kerja di SMP Muhammadiyah 2 Gamping Sleman. Hal ini dapat diketahui dari tiga aspek yaitu semangat kerja, komitmen tinggi dan kemandirian. Hambatan internal yang paling dirasakan oleh kepala sekolah adalah masih ada beberapa staff yang memiliki mindset lama. Artinya, mindset yang digunakan masih seperti ketika ketika beberapa staff itu berada dalam kepemimpinan sekolah yang lama. Sedangkan hambatan eksternal yang dirasakan kepala sekolah adalah masih adanya indikasi ketidakpercayaan yayasan, dalam hal ini jajaran Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Sleman, terhadap kepemimpinan saat ini. Itu terbukti pada masa di mana sekolah ini dibangkitkan tahun 2011, Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Sleman tidak memberikan support yang berarti. Bahkan yang terjadi justru sebaliknya. Sehingga peran mereka pun masih terkesan setengah hati. Meskipun demikian, kepala sekolah mampu mengatasi hambatan-hambatan yang ada, tentunya dengan tenaga yang extra ordinary

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Zainal Arifin, M.SI,
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Transformasional, Budaya Organisasi, Budaya Kerja
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 09 Jan 2017 09:52
Last Modified: 09 Jan 2017 09:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23414

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum