STUDI KOMPARASI KONSEP PENDIDIKAN HUMANIS H.A.R TILAAR DAN KI HAJAR DEWANTARA SERTA RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM

FAJAR MAULANA, NIM. 11510005 (2016) STUDI KOMPARASI KONSEP PENDIDIKAN HUMANIS H.A.R TILAAR DAN KI HAJAR DEWANTARA SERTA RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STUDI KOMPARASI KONSEP PENDIDIKAN HUMANIS H.A.R TILAAR DAN KI HAJAR DEWANTARA SERTA RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM)
09470127_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (STUDI KOMPARASI KONSEP PENDIDIKAN HUMANIS H.A.R TILAAR DAN KI HAJAR DEWANTARA SERTA RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM)
09470127_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakangi penelitian ini adalah pendidikan memiliki peran sangat besar dalam kehidupan umat manusia yang lebih baik. Pendidikan telah menjadi kebutuhan manusia, dengan pendidikan maka ruang kemanusia akan terbangun. Namun tetap dibutuhkan suatu konsepsi format pendidikan yang lebih baik lagi. Agar pendidikan kembali berada dan berfungsinya pada jalur yang sesungguhnya. H.A.R Tilaar dan Ki Hajar Dewantara merupakan tokoh pendidikan yang memiliki banyak karya-karya tentang pendidikan. Gagasan-gagasan pendidikan keduannya sangat penting bila dijadikan suatu penelitian ditengah usaha mengembangkan dunia pendidikan Indonesia saat ini. Jenis penelitian ini adalah penelitian studi pustaka (librarty resech), dengan menggunakan pengumpulan data diantara metode dokumentasi. kemudian dalam analisis data, peneliti menggunakan konten isi (content analysis), yaitu suatu tekhnik untuk menarik kesimpulan melalui usaha menemukan karakteristik pesan dan dilakukan secara obyektif dan sistematis. Hasil penelitian menunjukan kedua tokoh memiliki suatu konsep mengenai pendidikan yang berpijakan atau berorientasikan pada kemanusiaan, H.A.R Tilaar.meyakini bahwa pendidikan memiliki peran besar dalm membangun dan menata kehidupan manusia, hingga pendidikan harus bersumber dan dekat dengan kehidupan rakyat, Sedangkan pemikiran Ki Hajar Dewantara yaitu bahwa pendidikan merupakan alat menuju atau proses untuk setiap individu agar menjadi manusia yang sesuai kodratnya dan berakhlak mulia. Analisis komparasi pemikiran keduanya memiliki persamaan pendidikan haruslah berorientasi pada kemanusiaan, Keduannya berkeyakinan bahwa manusia manusia adalah subjek atas terselenggarannya pendidikan. Perebedaan pemikiran keduannya Tilaar memandang pendidikan harus memuat nilai-nilai yang tumbuh dalam kehidupan rakyat sehingga pendidikan mampu menjawab tantangan zaman yang sifatnya dinamis tanpa harus tenggelam didalammnya dan kehilangaan jati diri, sedangkan Ki Hajar mengangkap bahwa pendidikan adalah proses menuju nilai-nilai luhur, berbudi dan berakhlak mulia untuk sebuah tuntutan zaman. Relevansi pemikiran keduannya terhadap pendidikan islam lebih pada hakikat manusia yang memiliki dan mengemban tugas sebagai pengelola jagat raya. Yang membedakannya adalah pendidikan islam memiliki satu arah yang lurus yakni islam. Dan orientasi pendidikan islam bukan hanya keselamatan dunia saja melainkan kemaslahatan akhirat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Mangun Budiyanto, M.SI.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Humanis, H.A.R Tilaar dan Ki Hajar Dewantara dan kaitannya dalam Pendidikan Islam.
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 09 Jan 2017 15:03
Last Modified: 09 Jan 2017 15:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23422

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum