PENGARUH FASILITAS PERPAJAKAN SUNSET POLICY JILID II TERHADAP TINGKAT KEPATUHAN WAJIB PAJAK DIY

ZUHROTUL WARDAH, NIM. 12820049 (2016) PENGARUH FASILITAS PERPAJAKAN SUNSET POLICY JILID II TERHADAP TINGKAT KEPATUHAN WAJIB PAJAK DIY. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGARUH FASILITAS PERPAJAKAN SUNSET POLICY JILID II TERHADAP TINGKAT KEPATUHAN WAJIB PAJAK DIY)
12820049_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH FASILITAS PERPAJAKAN SUNSET POLICY JILID II TERHADAP TINGKAT KEPATUHAN WAJIB PAJAK DIY)
12820049_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Dalam rangka untuk meningkatkan penerimaan pajak, pemerintah mengeluarkan fasilitas perpajakan berupa sunset policy jilid II. Usaha ekstensifikasi dan intensifikasi pajak yang dilakukan oleh pemerintah ini dituntut peran aktif dari petugas pajak, juga kesadaran dan kemauan dari wajib pajak itu sendiri. Tinggi rendahnya kemauan masyarakat membayar pajak tidak lepas dari pengetahuan, pemahaman, persepsi maupun pelayanan wajib pajak itu sendiri terhadap pajak. Penelitian ini bersifat kuantitatif. Adapun data yang digunakan merupakan data primer dengan penyebaran kuesioner terhadap responden yang merupakan wajib pajak yang memiliki usaha yang terdaftar di Dinas Perindustrian dan Perdagangan Daerah Istimewa Yogyakarta. Jumlah responden dalam penelitian ini berjumlah 75 pengusaha. Variabel independen pada penelitian ini adalah Sunset Policy Jilid II (X) sedangkan variabel dependen adalah Kepatuhan Membayar Pajak (Y), seperti Pengetahuan dan Pemahaman Terhadap Peraturan Perpajakan, Persepsi yang Baik atas Efektifitas Sistem Perpajakan, Kesadaran Membayar Pajak dan Norma Subjektif. Teknik analisis yang digunakan yaitu Regresi linier sederhana dan menggunakan software SPSS 20. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Fasilitas Sunset Policy Jillid II memberikan pengaruh positif terhadap keempat faktor yang mempengaruhi kepatuhan membayar pajak. Kebijakan fasilitas Sunset Policy Jillid II ini direspon secara positif oleh wajib pajak, yaitu dengan semakin meningkatnya kepatuhan dan kemauan membayar pajak. Hal ini berarti harapan terjadinya penerimaan pajak yang signifikan dari adanya kebijakan fasilitas perpajakan ini bukanlah suatu hal yang mustashil. Secara keseluruhan model tersebut fit. Kata Kunci: Sunset Policy Jilid II, Pengetahuan dan Pemahaman Terhadap Peraturan Perpajakan, Persepsi yang Baik atas Efektifitas Sistem Perpajakan, Kesadaran Membayar Pajak dan Norma Subjektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. IBNU QIZAM, SE., M.Si., Ak., CA.
Uncontrolled Keywords: Sunset Policy Jilid II, Pengetahuan dan Pemahaman Terhadap Peraturan Perpajakan, Persepsi yang Baik atas Efektifitas Sistem Perpajakan, Kesadaran Membayar Pajak dan Norma Subjektif.
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 10 Jan 2017 10:02
Last Modified: 10 Jan 2017 10:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23438

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum