FRAMING INFORMASI DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSAN MENABUNG DI BANK SYARIAH DAN BANK KONVENSIONAL STUDI EKSPERIMEN MAHASISWA EKONOMI DAN BISNIS ISLAM DI YOGYAKARTA

IPUK WIDAYANTI, NIM: 12820056 (2016) FRAMING INFORMASI DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSAN MENABUNG DI BANK SYARIAH DAN BANK KONVENSIONAL STUDI EKSPERIMEN MAHASISWA EKONOMI DAN BISNIS ISLAM DI YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (FRAMING INFORMASI DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSAN MENABUNG DI BANK SYARIAH DAN BANK KONVENSIONAL STUDI EKSPERIMEN MAHASISWA EKONOMI DAN BISNIS ISLAM DI YOGYAKARTA)
12820056_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (FRAMING INFORMASI DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSAN MENABUNG DI BANK SYARIAH DAN BANK KONVENSIONAL STUDI EKSPERIMEN MAHASISWA EKONOMI DAN BISNIS ISLAM DI YOGYAKARTA)
12820056_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Bank syariah dan bank konvensional dalam menyampaikan informasi produk tabungan memiliki dua karakteristik yang berbeda, bank syariah menggunakan nisbah bagi hasil dan bank konvensional menggunakan bunga. Kedua informasi tersebut meskipun berbeda secara harafiah namun ketika dilakukan simulasi perhitungan, maka hasil margin cenderung sama jika berselisih selisihnya tidak material. Hal ini bisa terjadi karena bank syariah menggunakan Profit Equalization Reserve dan penerapan Equivalent Rate dalam perhitungan nisbah bagi hasil. Kondisi tersebut dapat dikatakan bahwa informasi yang disampaikan kedua instansi tersebut sebenarnya sama hanya disajikan secara berbeda. Attribute framing dan Risky Choice Framing digunakan sebagai alat untuk mem-frame informasi produk tabungan menghasilkan dua kasus yang berisikan 4 framing informasi: informasi margin menggunakan presentase (bunga) dan disampaikan secara pasti (gain domain/positive frame), informasi margin menggunakan probabilitas (nisbah) dan disampaikan secara pasti (gain domain/negative frame), informasi margin menggunakan presentase (bunga) dan disampaikan secara tidak pasti (loss domain/positive frame) dan informasi margin menggunakan probabilitas (nisbah) yang disampaikan secara tidak pasti (loss domain/negative frame). Model quasai experiment digunakan dalam penelitian ini yakni dengan menggunakan 49 mahasiswa anggota Kelompok Studi Ekonomi Islam (KSEI) di Yogyakarta sebagai subjek penelitian yang dimasukan secara purposive dalam 2 kelompok eksperimental dan 20 mahasiswa umum sebagai kelompok kontrol. Desain eksperimen between subject 2X2 menggunakan dua kasus yang penyebaranya menggunakan teknik random assignment. ANOVA digunakan sebagai alat analisis untuk menganalisis keputusan subjek dalam menabung di bank syariah dan bank konvensional. Hasil penelitian menunjukkan ketika informasi dibingkai dalam gain domain/positive frame dan loss domain/positive frame keputusan subjek bersifat less risky, sedangkan ketika informasi dibingkai dalam gain domain/negative frame dan loss domain/negative frame maka keputusan subjek bersifat risk seeking. Dari keempat frame tersebut yang paling banyak mendapatkan pilihan dari subjek adalah informasi yang dibingkai dalam pasti/probabilitas (gain domain/negative frame) dan yang paling sedikit mendapatkan pilihan adalah tidak pasti/presentase (loss domain/positive frame . Kata kunci: Framing effects, Risky Choice Framing, Consumer Behaviour, Attribute Framing, complex decisson making, Keputusan menabung, Bank Syariah, Bank Konvensional

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. MISNEN ARDIYANSYAH, SE., M.Si., Ak., CA
Uncontrolled Keywords: Framing effects, Risky Choice Framing, Consumer Behaviour, Attribute Framing, complex decisson making, Keputusan menabung, Bank Syariah, Bank Konvensional
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 10 Jan 2017 10:24
Last Modified: 10 Jan 2017 10:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23440

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum