FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI BELAJAR AKIDAH AKHLAK SISWA YATIM YANG TINGGAL DI RUMAH DAN YANG TINGGAL DI PANTI ASUHAN (STUDI KASUS DI MAN WONOKROMO BANTUL)

NURUL HIDAYAH, NIM. 12410158 (2016) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI BELAJAR AKIDAH AKHLAK SISWA YATIM YANG TINGGAL DI RUMAH DAN YANG TINGGAL DI PANTI ASUHAN (STUDI KASUS DI MAN WONOKROMO BANTUL). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI BELAJAR AKIDAH AKHLAK SISWA YATIM YANG TINGGAL DI RUMAH DAN YANG TINGGAL DI PANTI ASUHAN (STUDI KASUS DI MAN WONOKROMO BANTUL))
12410158_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI BELAJAR AKIDAH AKHLAK SISWA YATIM YANG TINGGAL DI RUMAH DAN YANG TINGGAL DI PANTI ASUHAN (STUDI KASUS DI MAN WONOKROMO BANTUL))
12410158_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah sekolah menjadi tempat utama bagi siswa untuk belajar akidah akhlak, pada kenyataannya di MAN Wonokromo Bantul respon yang diberikan oleh siswa yatim yang tinggal di rumah dan yang tinggal di panti asuhan pada saat pembelajaran akidah akhlak tidak sama, latar belakang siswa berpengaruh pada motivasi belajar terutama pada bidang akidah akhlak karena kebiasaan anak ketika di rumah akan berpengaruh pada kondisi belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar akidah akhlak siswa yatim yang tinggal di rumah dan yang tinggal di panti asuhan, serta mengetahui pola asuh orang tua dalam menumbuhkan motivasi belajar akidah akhlak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar MAN Wonokromo Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi data dengan dua modus, yaitu dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, lalu penyajian data, kemudian ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Motivasi belajar akidah akhlak siswa yatim yang tinggal di rumah ditunjukkan dengan siswa tekun dalam menghadapi tugas akidah akhlak, ulet dalam menghadapi kesulitan belajar akidah akhlak, menunjukkan minat terhadap pembelajaran akidah akhlak, cepat bosan dengan tugas yang monoton, dan lebih senang bekerja mandiri. Sedangkan motivasi belajar akidah akhlak siswa yatim yang tinggal di panti asuhan ditunjukkan dengan mengerjakan tugas yang diberikan dengan baik, mengulang pelajaran dan belajar akidah akhlak ketika di panti asuhan, lebih senang belajar secara berkelompok, dan menunjukkan minat terhadap pembelajaran.2) Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar akidah akhlak siswa yatim yang tinggal di rumah dan yang tinggal di panti asuhan adalah faktor internal dari aspek fisiologis yaitu kondisi fisik siswa, sedangkan aspek psikologis diantaranya motivasi, sikap, dan minat siswa dalam belajar akidah akhlak. Dari faktor eksternal adalah keluarga yang di dalamnya terdapat pembiasaan dan keadaan ekonomi keluarga, serta faktor lingkungan masyarakat dan lingkungan sekolah yang di dalamnya terdapat teman, guru, keteladanan, dan sarana dan prasarana. 3) Pola asuh orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar akidah akhlak siswa yatim dengan cara membuat peraturan dan memberikan hukuman, menunjukkan kekuasaan, dan memberikan tanggapan dan perhatian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Nur Munajat, M.Si
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar Akidah Akhlak, Siswa Yatim
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 10 Jan 2017 13:54
Last Modified: 10 Jan 2017 13:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23454

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum