HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TENTANG SUASANA PEMBELAJARAN DENGAN MOTIVASI BELAJAR PAI PADA SISWA SD NEGERI BLUNYAHREJO YOGYAKARTA

M NURKHOLIS, NIM. 12410170 (2016) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TENTANG SUASANA PEMBELAJARAN DENGAN MOTIVASI BELAJAR PAI PADA SISWA SD NEGERI BLUNYAHREJO YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TENTANG SUASANA PEMBELAJARAN DENGAN MOTIVASI BELAJAR PAI PADA SISWA SD NEGERI BLUNYAHREJO YOGYAKARTA)
12410170_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TENTANG SUASANA PEMBELAJARAN DENGAN MOTIVASI BELAJAR PAI PADA SISWA SD NEGERI BLUNYAHREJO YOGYAKARTA)
12410170_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
12410170_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah tinggi rendahnya motivasi dalam belajar PAI. Tinggi rendahnya motivasi tersebut tentunya terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi, yang dalam hal ini penulis mengajukan persepsi tentang suasana pembelajaran sebagai salah satu faktor yang mempengaruhi motivasi belajar PAI. SD Negeri Blunyahrejo merupakan sekolah yang berada di wilayah UPT Jogja Barat yang dalam UASBN Tahun Pelajaran 2015/2016 khusus untuk mata pelajaran PAI, SD Negeri Blunyahrejo mendapatkan ranking 1 se-UPT wilayah Jogja Barat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana persepsi siswa tentang suasana pembelajaran, bagaimana motivasi belajar PAI, apakah ada hubungan antara persepsi tentang suasana pembelajaran dengan motivasi belajar PAI, dan seberapa besar kontribusi persepsi tentang suasana pembelajaran terhadap motivasi belajar PAI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara persepsi tentang suasana pembelajaran dengan motivasi belajar PAI pada siswa SD Negeri Blunyahrejo Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan korelasi product moment dengan menggunakan bantuan program SPSS 20.00 for windows. Hasil penelitin ini menunjukkan: (1) Tingkat motivasi belajar PAI siswa SD Negeri Blunyahrejo Yogyakarta tergolong cukup tinggi/kuat karena berada pada interval 88-99. (2) Tingkat persepsi siswa tentang suasana pembelajaran di SD Negeri Blunyahrejo Yogyakarta berada pada kategori cukup baik karena berada pada interval 60-66. (3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi tentang suasana pembelajaran dengan motivasi belajar PAI. Hal ini ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi sebasar 0,521 dan nilai signifikansi 0,000 (p 0,005). (4) Kontribusi persepsi tentang suasana pembelajaran terhadap motivasi belajar PAI sebesar 27,2%. Motivasi belajar PAI dipengaruhi oleh faktor lainnya sebesar 72,8%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Eva Latipah, M.Si
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Suasana Pembelajaran, Motivasi Belajar PAI.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 11 Jan 2017 10:20
Last Modified: 11 Jan 2017 10:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23476

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum