KENDALA PESANTREN DALAM PENYUSUNAN KURIKULUM DAN PENYESUAIANNYA DENGAN KURIKULUM PEMERINTAH (SUDI KASUS TERHADAP PONDOK PESANTREN AL-BAROKAH SOMAGEDE SEMPOR KEBUMEN)

MOH RIZQI SIDIQ, NIM. 12410174 (2016) KENDALA PESANTREN DALAM PENYUSUNAN KURIKULUM DAN PENYESUAIANNYA DENGAN KURIKULUM PEMERINTAH (SUDI KASUS TERHADAP PONDOK PESANTREN AL-BAROKAH SOMAGEDE SEMPOR KEBUMEN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KENDALA PESANTREN DALAM PENYUSUNAN KURIKULUM DAN PENYESUAIANNYA DENGAN KURIKULUM PEMERINTAH (SUDI KASUS TERHADAP PONDOK PESANTREN AL-BAROKAH SOMAGEDE SEMPOR KEBUMEN))
12410174_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KENDALA PESANTREN DALAM PENYUSUNAN KURIKULUM DAN PENYESUAIANNYA DENGAN KURIKULUM PEMERINTAH (SUDI KASUS TERHADAP PONDOK PESANTREN AL-BAROKAH SOMAGEDE SEMPOR KEBUMEN))
12410174_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa banyak di era sekarang ini pondok pesantren yang tidak sekedar mengadakan pendidikan Madrasah diniyah saja, melainkan juga mengadakan pendidikan formal sebagai penyeimbang keilmuannya. Menjadi sebuah pilihan tepat jika pesantren membuka diri terhadap modernitas pendidikan. Akan tetapi hal ini bisa menjadi sebuah bumerang dimana pesantren yang memiliki tujuan sebagai tempat reproduksi ulama kehilangan ruh pendidikannya. Pendidikan khas pesantren dengan kajian kitab klasiknya justru malah bisa hilang dengan mengikuti arus pendidikan formal. Maka bagi pesantren yang menyediakan pendidikan formal didalamnya perlu adanya kurikulum yang baik. Dimana pesantren bisa mengikuti arus pendidikan modern tanpa harus kehilangan ruh dan ciri khas pendidikan pesantrennya. Proses penyusunan kurikulum serta penyesuaiannya dengan kurikulum pemerintah bukanlah hal yang mudah bagi pesantren. Banyak kendala yang harus di hadapi dan dipecahkan agar keserasian tersebut dapat tercipta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar di pondok pesantren Al-Barokah yang berlokasi di desa Somagede Kecamatan Sempor Kabupaten Kebumen. Pengumpula data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap semua data yang telah berhasil didapatkan. Kemudian dari makna tersebut dapat di tarik kesimpulan. Pemerikasaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Proses penyusunan kurikulum di pondok pesantren Al-Barokah melibatkan banyak pihak. Dimulai dari evaluasi, pengumpulan data hasil studi banding, penyesuaian terhadap pesantren, kemudian disusun sebagai sebuah kurikulum baru dengan penyesuaian terhadap pendidikan formal. Untuk kemudian meminta persetujuan terhadap dewan pembina pondok pesantren. (2) Dalam penyusunan dan proses penyesuaian terhadap kurikulum pemerintah banyak menemui kendala, seperti; alokasi waktu yang perlu disesuaikan, perbedaan persepsi dalam memilih materi bahan ajar, perlu penyesuaian isi materi pelajaran keagamaan, kondisi tenaga pengajar berdasarkan latar belakang pendidikannya, penyesuaian kalender akademik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Mujahid, M. Ag.,
Uncontrolled Keywords: Kendala, Penyesuaian, Kurikulum, Pesantren.
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 11 Jan 2017 10:43
Last Modified: 11 Jan 2017 10:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23478

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum