RELEVANSI PERENCANAAN D ENGAN PROSES PEMBELAJARAN FIQH KELAS X DI MAN YOGYAKARTA III TAHUN PELAJARAN 2015/2016

MAYA EKA WIDIASTUTI, NIM. 12410188 (2016) RELEVANSI PERENCANAAN D ENGAN PROSES PEMBELAJARAN FIQH KELAS X DI MAN YOGYAKARTA III TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img] Text (RELEVANSI PERENCANAAN D ENGAN PROSES PEMBELAJARAN FIQH KELAS X DI MAN YOGYAKARTA III TAHUN PELAJARAN 2015/2016)
12410188_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB)
[img] Text (RELEVANSI PERENCANAAN D ENGAN PROSES PEMBELAJARAN FIQH KELAS X DI MAN YOGYAKARTA III TAHUN PELAJARAN 2015/2016)
12410188_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa Perencanaan pembelajaran merupakan hal penting yang harus dilakukan sebelum pembelajaran berlangsung. Perencanaan pembelajaran menjadi sangat penting karena dapat membantu pencapaian sasaran secara lebih tepat waktu dan memberi peluang untuk lebih mudah dikontrol dan dimonitor dalam pelaksanaannya. MAN Yogyakarta III saat ini menggunakan Kurikulum 2013. Dalam pembelajarannya masih ditemukan proses pembelajaran yang belum sesuai dengan yang sudah direncanakan, salah satunya dalam mata pelajaran fiqh. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah bagaimana perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran fiqh kelas X di MAN Yogyakarta III dan bagaimana relevansi perencanaan pembelajaran dan proses pelaksanaan pembelajarannya. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis terkait relevansi perencanaan pembelajaran dan proses pelaksanaan pembelajaran fiqh. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar MAN Yogyakarta III. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan diverifikasi setelah itu ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: Dalam menyusun perencanaan pembalajaran di sekolah MAN Yogyakarta III, guru menjadikan silabus sebagai rujukan dalam pembuatan RPP. Sebelum proses mengajar guru membuat rencana pelaksanaan terlebih dahulu agar semua materi tersampaikan sesuai waktu yang telah ditentukan. Sedangkan dalam pelaksanaan pembelajaran Fiqh di kelas X MAN Yogyakarta III terbagi menjadi tiga, yaitu kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir. Relevansi internal antar komponen pada RPP sudah saling berkaitan (relevan). Relevansi eksternal antara perencanaan dengan proses pembelajaran Fiqh kelas X PK di MAN Yogyakarta III dalam materi pelajaran riba, bank, dan asuransi adalah sebagai berikut: materi yang disampaikan di dalam kelas sudah relevan dengan yang ada dalam RPP, alokasi waktu yang digunakan sudah relevan dengan yang telah direncanakan pada RPP, masih ada satu indikator dalam kompetensi dasar yang belum tercapai di kelas, media dan sumber belajar yang digunakan sudah relevan dengan yang telah direncanakan pada RPP, ada beberapa kegiatan pembelajaran di kelas yang tidak relevan dengan yang direncanakan pada RPP, penilaian yang diambil belum relevan dengan yang direncanakan pada RPP.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Rofik, M.Ag.,
Uncontrolled Keywords: Relevansi perencanaan, Proses pembelajaran
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 11 Jan 2017 11:14
Last Modified: 11 Jan 2017 11:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23480

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum