MODEL PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) BERBASIS BUDAYA DI KELAS X MADRASAH ALIYAH NEGERI YOGYAKARTA I

MODERATI AZIZAH, NIM. 12410253 (2016) MODEL PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) BERBASIS BUDAYA DI KELAS X MADRASAH ALIYAH NEGERI YOGYAKARTA I. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MODEL PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) BERBASIS BUDAYA DI KELAS X MADRASAH ALIYAH NEGERI YOGYAKARTA I)
12410253_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (MODEL PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) BERBASIS BUDAYA DI KELAS X MADRASAH ALIYAH NEGERI YOGYAKARTA I)
12410253_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa pembelajaran SKI bertujuan untuk membangun kompetensi kesejarahan selain itu agar peserta didik dapat mengambil ibrah dari kejadian masa lalu dan dijadikan pelajaran bagi masa kini Dalam kenyataannya pembelajaran SKI saat ini identik dengan silsilah keluarga kerajaan yang biasanya berujung pada materi hafalan. Ada metode khusus yang diterapkan di MAN Yogyakarta I dalam pembelajaran SKI. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah Bagaimana perencanaan pembelajaran berbasis budaya, Bagaimana pelaksanaan pembelajaran berbasis budaya dan Bagaimana proses evaluasi pembelajaran berbasis budaya dalam pembelajaran SKI di kelas X MAN Yogyakarta I. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang perencanaan pembelajaran SKI berbasis budaya, pelaksanaanya dan evaluasi pembelajaran SKI berbasis budaya di kelas X MAN Yogyakarta I. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar MAN Yogyakarta I. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Perencanaan pembelajaran SKI berbasis budaya didasarkan pada silabus,dalam pengembangan silabus, guru belum spesifik menemukan tentang budaya, namun terdapat include dari budaya sebagai pembiasaan terhadap peserta didik. (2) Pelaksanaan pembelajaran SKI berbasis budaya di MAN Yogyakarta I berjalan optimal, selain guru menggunakan pendekatan kontekstual, yaitu dengan menghubungkan sejarah masa lalu dengan kejadian pada masa sekarang.guru juga mampu membuat peserta didik aktif selama pembelajaran. (3) Proses evaluasi yang digunakan dalam pembelajaran SKI berbasis budaya di MAN Yogyakarta I menggunakan beragam teknik pengukuran (Multiple Representation) dalam penelitian ini teknik yang digunakan adalah tes, tugas, dan karya peserta didik. Dalam penilaian kognitif guru mencantumkan pertanyaan-pertanyaan yang mengarah pada keteladanan dari khulafa’ur rasyidin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Rofik, M.Ag.,
Uncontrolled Keywords: Kontekstual, Multiple Representation , Pembelajaran SKI
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 12 Jan 2017 08:24
Last Modified: 12 Jan 2017 08:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23493

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum