IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI BAGI SISWA TUNA RUNGU DI SMA N 1 SEWON

TRIMO AGUNG SUKRON, NIM. 12410257 (2016) IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI BAGI SISWA TUNA RUNGU DI SMA N 1 SEWON. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI BAGI SISWA TUNA RUNGU DI SMA N 1 SEWON)
12410257_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI BAGI SISWA TUNA RUNGU DI SMA N 1 SEWON)
12410257_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version

Download (457kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan dan implementasi pendekatan saintifik pada pembelajaran PAI dan Budi Pekerti bagi siswa tuna rungu di SMA N 1 Sewon serta problematika yang ditemui dalam implementasi pendekatan tersebut. Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai bahan rujukan guru-guru dalam mengimplementasikan pendekatan saintifik khususnya bagi siswa tuna rungu dan untuk mengatasi berbagai masalah yang muncul dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan(field reaserch). Dan berdasarkan tujuannya termasuk penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara mereduksi, melakukan penyajian data, dan penarikan kesimpulan menggunakan pola berpikir induktif dengan menarik kesimpulan dari yang bersifat umum dari fakta-fakta khusus yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan pendekatan saintifik bagi siswa tuna rungu pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA N 1 Sewon Bantul, pada prinsipnya tidak memiliki perbedaan dengan siswa reguler lainnya. Ada dua langkah yang ditempuh dalam langkah perencanaan ini yaitu: a). Membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Langkah ini dari pihak kepala sekolah dan waka kurikulum memberi kepercayaan penuh kepada guru. Sedangkan dari pihak guru, ada beberapa langkah dalam RPP yang menunjukkan bahwa ada perlakuan khusus kepada siswa tuna rungu. b). Melengkapi fasilitas sekolah. Tujuannya untuk memfasilitasi guru sesuai dengan RPP yang akan di implementasikan. (2) Implementasi Pendekatan Saintifik bagi Siswa Tuna Rungu pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA N 1 Sewon Bantul mampu membuat siswa-siswi tuna rungu lebih aktif dan bisa mengikuti jalannya proses pembelajaran. Meski ada beberapa langkah yang terlihat belum maksimal. Dan (3) kelebihan implementasi pendekatan saintifik bagi siswa tuna rungu pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA N 1 Sewon yaitu mampu meningkatkan keaktifan siswa, menambah sumber belajar, meningkatkan semangat belajar dan langkah-langkahnya cukup bagus. Adapun kekurangannya yaitu waktu yang begitu terbatas, kesenjangan ketika presentasi, tidak maksimal dalam beberapa langkah dan banyaknya bahasa ilmiah yang sukar dipahami.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Rofik, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Saintifik, Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti, Tuna Rungu.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 12 Jan 2017 08:58
Last Modified: 12 Jan 2017 08:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23499

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum