KURIKULUM PENDIDIKAN TINGGI KEAGAMAAN ISLAM MENGACU KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA (KKNI) DAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN TINGGI (SN DIKTI) (Studi pada Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)

Nur Afifah, NIM: 1420410111 (2016) KURIKULUM PENDIDIKAN TINGGI KEAGAMAAN ISLAM MENGACU KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA (KKNI) DAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN TINGGI (SN DIKTI) (Studi pada Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (KURIKULUM PENDIDIKAN TINGGI KEAGAMAAN ISLAM MENGACU KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA (KKNI) DAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN TINGGI (SN DIKTI) (Studi pada Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yo)
1420410111_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (KURIKULUM PENDIDIKAN TINGGI KEAGAMAAN ISLAM MENGACU KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA (KKNI) DAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN TINGGI (SN DIKTI) (Studi pada Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yo)
1420410111_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Nur Afifah, Kurikulum Pendidikan Tinggi Mengacu KKNI dan SN DIKTI (pada program Studi PAI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Kegruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta). Kata Kunci: Kurikulum, Pendidikan Tinggi Kegamaan Islam, KKNI, dan SN DIKTI Tesis ini membahas tentang desain dan rencana implementasi kurikulum Pendidikan Tiggi keagamaan Islam mengacu Kerangka Kulaifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan Standar Nasional Pendidikan Tinggi di Prodi pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN pendidikan Sunan Kalijaga Yogyakarta. Ada tiga isu utama penelitian ini, yaitu mengapa KKNI dan SN DIKTI menjadi acuan dalam redeasain kurikulum pada program studi PAI. Bagaimana desain dan rencana Implementasi kurikulum mengacu KKNI dan SN DIKTI pada program studi PAI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (filed resech), sedangkan sifat penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan pendekatan kualitatif dan pendekatan induktif. Sumber data penelitian ini berupa, person, place, paper dengan teknik purposive sampling dan snowball sampling. Dalam pengumpulan data penelitian, menggunakan teknik observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Keabsahan penelitian ini menggunakan tringulasi sumber dan teknik. Kemudian untuk teknik analisis data menggunakan teknik analisis data model miles dan Huberman, yakni mencakup langkah kerja pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil Penelitian ini yaitu dengan adanya peraturan Persiden No. 8 tahun 2012 tentang KKNI dan Permendikbud No. 73 Tahun 2013 tentang penerapan KKNI bidang Pendidikan Tinggi dan dengan adanya Pasal 35 ayat 2 UU Dikti 12 Tahun 2012 bahwa Kurikulum Pendidikan Tinggi dengan mengacu SN DIKTI dan telah ditetapkan Kemenriset No. 44 Tahun 2015 tentang SN DIKTI. Oleh karena itu sudah menjadi tuntutan bahwa kurikulum di Prodi PAI harus meredesain kurikulumnya mengacu KKNI dan SN DIKTI. Selain sebuah kebijakan adanya semangat untuk melakukan revisi kurikulum karena Prodi. PAI termasuk dipercaya untuk mengajukan Asean University Network Quality Assurance (AUN-QAF).Secara teori desain pengembangan kurikulum mengacu KKNI dan SN DIKTI di Prodi PAI telah sesuai dengan prosedur penyusunannya, Penyusunan kurikulum Prodi PAI berlandasakan secara yuridis, dan landasan integrasi-interkoneksi ilmu, baik landasan teologis, filosif, psikologis, kultur, sosiologis, dan ranah integrasi dan interkoneksi. dengan profinya menjadi guru, konselor, peneliti PAI, Capaian Pembelajaran (CP) Prodi PAI terdiri dari sikap dan tata nila, pengetahuan, keterampilan umum dan khusus, yang ditetapkan dari hasil mengacu KKNI dan SN DIKTI. Rencana Implementasi kurikulum mengacu KKNI dan SN DIKTI di Prodi PAI yaitu talah menyipakan rencana, proses, dan evaluasi pembelajaran, tenaga pendidik yang terkualifikasi dan saran prasarana pembelajaran yang sesuai dengan KKNI dan yang distandarkan oleh SN DIKTI.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Prof. Dr. H. Sutrisno, M.Ag
Uncontrolled Keywords: KURIKULUM, PENDIDIKAN TINGGI KEAGAMAAN ISLAM, KERANGJA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA, (KKNI), STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN TINGGI (SN DIKTI)
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 16 Jan 2017 08:16
Last Modified: 16 Jan 2017 08:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23516

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum