KONTRIBUSI LAYANAN BIMBINGAN KONSELING DALAM PENGEMBANGAN SCHOOL WELL BEING DI MTsN WONOKROMO

RITANINGSIH SUDJOKO, NIM : 1420410131 (2016) KONTRIBUSI LAYANAN BIMBINGAN KONSELING DALAM PENGEMBANGAN SCHOOL WELL BEING DI MTsN WONOKROMO. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (KONTRIBUSI LAYANAN BIMBINGAN KONSELING DALAM PENGEMBANGAN SCHOOL WELL BEING DI MTsN WONOKROMO)
1420410131_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (KONTRIBUSI LAYANAN BIMBINGAN KONSELING DALAM PENGEMBANGAN SCHOOL WELL BEING DI MTsN WONOKROMO)
1420410131_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelit ian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling yang dilaksanakan di MTsN Wonokromo. (2) Relevansi layanan bimbingan konseling dengan konsep school well being. (3) Kontribusi layanan bimbingan konseling dalam pengembangan school well being. Penelit ian ini menggunakan pendekatan penelit ian kualitat if deskript if. Lokasi penelit ian adalah MTsN Wonokromo Bantul, Yogyakarta. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Tehnik pengumpulan data bersifat triangulasi yaitu gabungan dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kualitat if dengan tahapan, reduksi data, display data dan verikikasi data. Hasil penelit ian menunjukkan bahwa : (1) layanan bimbingan konseling merupakan bentuk realisasi dari rencana program bimbingan konseling. program bimbingan konseling disusun berdasarkan hasil assesment kebutuhan siswa di sekolah. Jenis layanan bimbingan konseling yang diterapkan di MTsN Wonokromo adalah layanan orientasi, layanan informasi, layanan penempatan dan penyaluran, layanan penguasaan konten, layanan konseling individu,layanan konseling kelompok,layanan bimbingan kelompok, layanan mediasi dan layanan konsultasi. Dominasi pemberian layanan terletak pada layanan konseling individual, layanan konseling kelompok dan layanan bimbingan kelompok (2) relevansi layanan bimbingan konseling dengan pengembangan school well being terletak pada kesesuaian tujuan dan fungsi dari tiap-tiap layanan bimbingan konseling dengan aspek yang ingin dicapai dalam school well being, sehingga materi layanan yang disampaikan adalah merupakan kebutuhan siswa di sekolah (3) kontribusi layanan bimbingan konseling dalam pengembangan school well being terdapat dalam bentuk jenis layanan yang diberikan, tujuan dan fungsi tiap-tiap layanan, sarana dan prasarana layanan bimbingan dan kompetensi guru pembimbing itu sendiri. diharapkan guru pembimbing di MTsN Wonokromo mampu memberikan layanan bimbingan konseling kepada siswa secara profesional dan sesuai dengan kebutuhkan siswa agar mampu memberikan pelayanan terbaik kepada mereka sehingga derajat penilaian mereka terhadap sekolah menjadi baik dan posit if. Layanan bimbingan konseling juga perlu menjalin kerjasama dengan pihak lain yang ada di sekolah agar tercipta kerjasama yang posit if dan bernilai bagi pelaksanaan layanan bimbingan konseling.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Casmini, M.Si.
Uncontrolled Keywords: BK, bimbingan konseling
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 16 Jan 2017 09:43
Last Modified: 16 Jan 2017 09:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23518

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum