PERAN PUSAT PELAYANAN TERPADU PEREMPUAN DAN ANAK (P2TPA) “REKSO DYAH UTAMI” YOGYAKARTA DALAM MENANGANI KORBAN KEKERASAN SEKSUAL PADA ANAK (PERSPEKTIF BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM)

Rizki Hamdan Saputra, NIM: 1420410132 (2016) PERAN PUSAT PELAYANAN TERPADU PEREMPUAN DAN ANAK (P2TPA) “REKSO DYAH UTAMI” YOGYAKARTA DALAM MENANGANI KORBAN KEKERASAN SEKSUAL PADA ANAK (PERSPEKTIF BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM). Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PERAN PUSAT PELAYANAN TERPADU PEREMPUAN DAN ANAK (P2TPA) “REKSO DYAH UTAMI” YOGYAKARTA DALAM MENANGANI KORBAN KEKERASAN SEKSUAL PADA ANAK (PERSPEKTIF BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM))
1420410132_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PERAN PUSAT PELAYANAN TERPADU PEREMPUAN DAN ANAK (P2TPA) “REKSO DYAH UTAMI” YOGYAKARTA DALAM MENANGANI KORBAN KEKERASAN SEKSUAL PADA ANAK (PERSPEKTIF BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM))
1420410132_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tesis ini merupakan penelitian tentang Peran Pusat Pelayanan Terpadu Perempuan dan Anak (P2TPA) “Rekso Dyah Utami" Yogyakarta Dalam Menangani Korban Kekerasan Seksual Pada Anak. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) bagaimana peran Pusat Pelayanan Terpadu Perempuan dan Anak (P2TPA) “Rekso Dyah Utami” Yogyakarta dalam menagani korban kekerasan seksual pada anak? (2) bagaimana perspektif bimbingan konseling islam dalam menangani korban kekerasan seksual pada anak? (3) bagaimana efektivitas Pusat Pelayanan Terpadu Perempuan dan Anak (P2TPA) “Rekso Dyah Utami” Yogyakarta kedepannya?. Penelitian ini merupakan jenis field research yang terfokus pada proses bagaimana peran (P2TPA) “Rekso Dyah Utami dalam membantu masalah korban kekerasan seksual pada anak dengan memakai analisis kualitatif. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengujian keabsahan dilakukan dengan cara pengamatan, tringulasi data, dan penelusuran data. Hasil analisis menunjukkan bahwa penanganan terhadap kekerasan seksual pada anak di (P2TPA) “Rekso Dyah Utami” Yogyakarta dengan menggunakan team work, yang terdiri dari beberapa konselor. Penanganan yang konselor lakukan dengan melakukan peran sebagai pendamping, mediator, dan motivator. Di sisi lain para konselor mempunyai peran khusus dalam menangani korban kekerasn seksual pada anak yaitu konselor kesehatan menagani masalah kesehatan korban, konselor psikologi menangani masalah psikisnya, konselor kerohanian penguatan tentang memperkuat keimanan dan ketaqwaan korban, konselor hukum menangani masalah hukumnya. Dalam perspektif bimbingan dan konseling Islam konselor mempunyai peran penting dalam menyelesaikan permasalahan khususnya korban kekerasan seksual dalam hal meningkatkan keimanan, pemaknaan fitrah dan rasa percaya diri untuk menjadi manusia lebih baik lagi. Selain itu efektivitas (P2TPA) “Rekso Dyah Utami” Yogyakarta kedepan dengan meraknya kasus-kasus kekerasan seksual pada anak maka menjadikan lembaga yang selalu menjadi garda terdepan untuk menampung permasalahan-permasalahan yang berkaitan dengan korban kekerasan seksual. Kata Kunci : Peran (P2TPA) “Rekso Dyah Utami” Yogyakarta, kekerasan seksual, bimbingan konseling Islam.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Alimatul Qibtiyah,S.Ag.,M.Si.,MA,Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Peran (P2TPA) “Rekso Dyah Utami” Yogyakarta, kekerasan seksual, bimbingan konseling Islam.
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 16 Jan 2017 10:13
Last Modified: 16 Jan 2017 10:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23519

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum