PLURALISME AGAMA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DAN SKI (ANALISIS BUKU AJAR SISWA MA KURIKULUM 2013)

Chandra Wicaksana, NIM. 1420410141 (2016) PLURALISME AGAMA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DAN SKI (ANALISIS BUKU AJAR SISWA MA KURIKULUM 2013). Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PLURALISME AGAMA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DAN SKI (ANALISIS BUKU AJAR SISWA MA KURIKULUM 2013))
1420410141_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PLURALISME AGAMA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DAN SKI (ANALISIS BUKU AJAR SISWA MA KURIKULUM 2013))
1420410141_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya tantangan Pendidikan Agama Islam terhadap isu-isu global, salah satunya adalah isu pluralisme agama yang merupakan sebuah paham terhadap realitas perbedaan dan keragaman agama yang belum diakomodir dalam Pendidikan Agama Islam, salah satunya melalui buku ajar yang digunakan dalam proses pembelajaran. Buku ajar yang bermuatan pluralisme berperan untuk menumbuh dan mengembangkan sikap siswa menjadi inklusif, toleran dan mampu memahami realitas keragaman. Maka dari itu, wacana pluralisme menjadi penting untuk disampaikan melalui buku ajar untuk penanaman dan pengembangan konsep pluralisme kepada peserta didik, karena keterlibatan materi pembelajaran dengan siswa memiliki posisi yang sangat penting dan sebagai sumber rujukan kedua setelah pendidik. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan dengan obyek penelitiannya buku ajar siswa mata pelajaran Aqidah Akhlak, dan SKI kelas X dan XI kurikulum 2013. Metode analisis data menggunakan metode analisis isi dan analisis wacana dan intepretasi teks yang disertai dengan analisis inferensial sebagai proses untuk memaknai data sesuai dengan konteks yang sudah diklasifikasi untuk menjawab permasalahan konsep pluralisme dalam buku bahan ajar siswa. Kajian dalam penelitian ini menemukan bahwa buku ajar Aqidah Akhlak dan SKI masih mempertahankan tradisi eksklusif-doktriner dan pembentukan penganut yang taat dan pembentukan pemeluk atau umat beragama untuk saling memahami dan menghargai belum mendapatkan porsinya. Pengenalan terhadap agama lain terkait posisinya terhadap agama Islam juga belum terlihat pada buku ajar tersebut. Selanjutnya analisis kritis terhadap persoalan-persoalan yang dihadapi umat beragama dalam era yang plural juga tidak begitu signifikan dan belum dikembangkan pada siswa. Namun pada sisi yang lain, buku ajar Aqidah Akhlak dan SKI memiliki potensi konsep pluralisme agama dan telah mengakomodasi perbedaan-perbedaan yang ada. Hal ini tampak pada adanya proporsi yang menampilkan materi tentang perbedaan, akan tetapi masih minimal sekali.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Abdul Munip, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: pluralisme, akidah akhlak
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 16 Jan 2017 15:56
Last Modified: 16 Jan 2017 15:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23520

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum