EFEKTIVITAS KONSELING ISLAMI TERHADAP KOMITMEN BERAGAMA DAN KESADARAN MORAL SISWA (Studi Eksperimen SMA Negeri 11 Yogyakarta)

Rikawati, NIM: 1420410172 (2016) EFEKTIVITAS KONSELING ISLAMI TERHADAP KOMITMEN BERAGAMA DAN KESADARAN MORAL SISWA (Studi Eksperimen SMA Negeri 11 Yogyakarta). Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS KONSELING ISLAMI TERHADAP KOMITMEN BERAGAMA DAN KESADARAN MORAL SISWA (Studi Eksperimen SMA Negeri 11 Yogyakarta))
1420410172_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS KONSELING ISLAMI TERHADAP KOMITMEN BERAGAMA DAN KESADARAN MORAL SISWA (Studi Eksperimen SMA Negeri 11 Yogyakarta))
1420410172_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (771kB)

Abstract

Rikawati, S.Kom.I. “Efektivitas Konseling Islami terhadap Komitmen Beragama dan Kesadaran Moral Siswa (Studi Eksperimen di SMA Negeri 11 Yogyakarta)”. Tesis. Yogyakarta: Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan pertama, menguji efektivitas konseling Islami dalam meningkatkan komitmen beragama dan kesadaran moral siswa, apakah ada peningkatan komitmen beragama dan kesadaran moral siswa setelah diberikan perlakuan.Kedua, untuk mengetahui seberapa signifikan konseling Islami dalam meningkatkan komitmen beragama dan kesadaran moral siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 19 siswa yang berasal dari kelas XI IPA II dan IPS I yang dibagi ke dalam dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pengambilan sampel dipilih secara random assigment, dalam penelitian ini dilakukan dengan desain true experimental design pretest posttest control group design,pengukuran dilakukan dengan skala komitmen beragama dan kesadaran moral. Data yang telah terkumpul dianalisis menggunakan wilcoxon signed rank test. Wilcoxon signed rank testmenganalisis perbedaan skor pre-test dan dengan post-test pada kelompok eskperimen dan kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis uji wilcoxon pada kelompok eksperimen komitmen beragama diperoleh nilai sig. 0,043 < 0,05, yang berarti terdapat perbedaan peningkatan skor komitmen beragama siswa antara sebelum dan sesudah diberi perlakuan. Pada kelompok kontrol komitmen beragama diperoleh nilai sig. 0,112 > 0,05,berarti tidak terdapat perbedaan skor komitmen beragama siswa antara sebelum dan sesudah diberi perlakuan, yang berarti peningkatan pada kelompok eksperimen memang benar-benar dari perlakuan yang diberikan. Sedangkan hasil analisis pada kelompok eksperimen kesadaran moral diperoleh nilai sig.0,068 > 0,05, berarti tidak terdapat perbedaan peningkatan skor kesadaran moral siswa antara sebelum dan sesudah diberi perlakuan. Pada kelompok kontrol kesadaran moral diperoleh nilai sig. 0,068 > 0,05, berarti tidak terdapat perbedaan skor kesadaran moral siswa antara sebelum dan sesudah. Dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa konseling Islami efektif digunakan untuk meningkatkan komitmen beragama siswa. Sedangkan kesadaran moral tidak efektif ditingkatkan dengan menggunakan intervensi konseling Islami. Kata Kunci: Konseling Islami, Komitmen Beragama, Kesadaran Moral

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Mustadin, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Konseling Islami, Komitmen Beragama, Kesadaran Moral
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 17 Jan 2017 13:36
Last Modified: 17 Jan 2017 13:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23527

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum