PELAKSANAAN RESCHEDULING DAN RECONDITIONING TERHADAP NASABAH WANPRESTASI PADA PERJANJIAN PEMBIAYAAN DENGAN JAMINAN FIDUSIA DI BMT BINA SEJAHTERA SLEMAN

MUHAMMAD NUUR ROHMAAN, NIM. 12340027 (2016) PELAKSANAAN RESCHEDULING DAN RECONDITIONING TERHADAP NASABAH WANPRESTASI PADA PERJANJIAN PEMBIAYAAN DENGAN JAMINAN FIDUSIA DI BMT BINA SEJAHTERA SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PELAKSANAAN RESCHEDULING DAN RECONDITIONING TERHADAP NASABAH WANPRESTASI PADA PERJANJIAN PEMBIAYAAN DENGAN JAMINAN FIDUSIA DI BMT BINA SEJAHTERA SLEMAN)
12340027_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PELAKSANAAN RESCHEDULING DAN RECONDITIONING TERHADAP NASABAH WANPRESTASI PADA PERJANJIAN PEMBIAYAAN DENGAN JAMINAN FIDUSIA DI BMT BINA SEJAHTERA SLEMAN)
12340027_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

BMT Bina Sejahtera adalah salah satu lembaga keuangan mikro syariah yang dalam usahanya menghimpun dan menyalurkan dana dari masyarakat. Dalam menyalurkan pembiayaan kreditur melakukan analisis dan pengawasan secara mendalam kepada debitur. Didalam pelaksanaannya seringkali ditemukan nasabah yang tidak melakukan prestasi khususnya nasabah yang menggunakan jaminan fidusia. Adanya nasabah yang wanprestasi mempengaruhi kinerja BMT Bina sejahtera. Untuk itu diperlukan upaya didalam menangani pembiayaan bermasalah tersebut melalui Rescheduling dan Reconditioning. Berdasarkan latar belakang diatas penelitian ini membahas dua permasalahan yaitu bagaimana pelaksanaan rescheduling dan reconditioning terhadap nasabah wanprestasi pada perjanjian pembiayaan dengan jaminan fidusia di BMT Bina Sejahtera Sleman dan apakah rescheduling dan reconditioning pada perjanjian pembiayaan dengan jaminan fidusia telah memenuhi fungsinya dalam upaya penanganan nasabah wanprestasi di BMT Bina Sejahtera Sleman. Penelitian yang dilakukan penulis yaitu penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang dilakukan secara intensif, terperinci dan mendalam dengan terjun langsung ke lapangan untuk menggali dan meneliti data yang berkenaan dengan pokok masalah yang diteliti yaitu pelaksanaan rescheduling dan reconditioning terhadap nasabah wanprestasi pada perjanjian kredit dengan jaminan fidusia di BMT Bina Sejahtera, selain itu penulis menggunakan metode deskriptif analitis, kata deskriptif dapat dimaknai sebagai penelitian yang terbatas pada usaha mengungkapkan suatu masalah atau keadaan atau peristiwa sebagaimana adanya sehingga bersifat sekedar mengungkapkan fakta, dimana penulis dalam melakukan pendekatan deskriptif analitis itu menggunakan metode kualitatif. Dari hasil penelitian dianalisis bahwa pelaksanaan rescheduling dan reconditioning di BMT Bina Sejahtera meliputi beberapa tahap yaitu, 1. Identifikasi Masalah, 2. Penyelamatan Awal, 3. Musyawarah, 4. Pemberian Surat Keputusan Tindakan, 4. Pembuatan Addendum, f. Pengawasan dan Pembinaan. Dari beberapa prosedur pelaksanaan Rescheduling dan Reconditioning yang dilakukan oleh debitur ditemukan ketidaksesuaian dengan aturan hukum yang ada yang meliputi, tidak dipenuhinya syarat-syarat Rescheduling dan Reconditioning yang telah dibuat kreditur, debitur dibebani jaminan tambahan didalam penerapan Reconditioning, tidak adanya pengkategorian yang jelas dalam pelaksanaan Rescheduling dan Reconditioning. Peran Rescheduling dan Reconditioning sangat membantu baik kepada debitur maupun kreditur didalam mengatasi nasabah wanprestasi, sehingga secara fakta fungsi dari pelaksanaan Rescheduling dan Reconditioning di BMT Bina Sejahtera telah terpenuhi dan fungsinya dapat dirasakan secara optimal oleh debitur dan kreditur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. FAISAL LUQMAN HAKIM, S.H., M.Hum. 2. MISBAHUL MUJIB, S.Ag., M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan Rescheduling dan Reconditioning, Perjanjian Kredit, Jaminan Fidusia, Baitul Maal Wa Tamwil (BMT).
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 18 Jan 2017 08:57
Last Modified: 18 Jan 2017 08:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23546

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum