PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP PENGGUNA JASA ANGKUTAN UDARA YANG MENGALAMI KETERLAMBATAN ATAU DELAYED DI BANDARA ADISUTJIPTO YOGYAKARTA

RABIN CONDRO KRISTYO, NIM. 12340031 (2016) PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP PENGGUNA JASA ANGKUTAN UDARA YANG MENGALAMI KETERLAMBATAN ATAU DELAYED DI BANDARA ADISUTJIPTO YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP PENGGUNA JASA ANGKUTAN UDARA YANG MENGALAMI KETERLAMBATAN ATAU DELAYED DI BANDARA ADISUTJIPTO YOGYAKARTA)
12340031_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP PENGGUNA JASA ANGKUTAN UDARA YANG MENGALAMI KETERLAMBATAN ATAU DELAYED DI BANDARA ADISUTJIPTO YOGYAKARTA)
12340031_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Setiap warga negara Republik Indonesia mempunyai hak-hak konsumen sebagai konsumen dalam setiap transaksi jual maupun beli barang ataupun jasa sesuai dengan amanat Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (UUPK). Hak-hak konsumen dalam UUPK tersebut terdapat dalam Pasal 4. Penelitian ini membahas mengenai perlindungan konsumen terhadap pengguna jasa angkutan udara yang mengalami keterlambatan atau delayed di Bandara Adisutjipto Yogyakarta dan tidak mendapatkan kompensasi ataupun informasi atas keterlambatan yang terjadi tersebut. Padahal pihak maskapai sebagai pelaku usaha wajib memberikan kedua hal berikut. Inti pokok permasalahan yang diangkat yaitu perlindungan konsumen pengguna jasa angkutan udara yang mengalami kerugian akibat keterlambatan penerbangan atau delayed di Bandara Adisutjipto Yogyakarta dan Implementasi hak konsumen yang diberikan maskapai sesuai dengan Permenhub Nomor 89 Tahun 2015. Penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field research) yaitu melakukan wawancara langsung kepada penumpang selaku konsumen jasa angkutan udara yang mengalami delayed atau keterlambatan penerbangan dan juga wawancara langsung dengan pihak maskapai atau airlines selaku badan usaha angkutan udara serta wawancara langsung dengan pihak dari PT. Angkasa Pura 1 sebagai perwakilan dari Bandara Internasional Yogyakarta yang menjadi objek dari penelitian ini. Sifat penelitian ini yaitu menggunakan metode yuridis-empiris yakni pelaksaan ketentuan dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen yang harus dilaksanakan sesuai dengan apa yang tercantum dalam UUPK itu sendiri. Berdasarkan hal tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk menganalisis permasalahan dipadukan dengan bahan-bahan hukum dengan data yang diperoleh di lapangan. Pembahasan dan analisis yang telah dilakukan menghasilkan bahwa perlindungan konsumen terhadap konsumen atau penumpang yang merasa dirugikan yaitu dapat mengadukan keluhan melalui website, LKY, kemudian BPSK dan peradilan. Beberapa ketentuan-ketentuan seperti mencantumkan nama, faktor keterlambatan, nama maskapai, lokasi kejadian, tanggal keberangkatan, rute, dan nomor atau email penumpang. Implementasi yang terjadi bahwa pihak maskapai atau airlines sudah sesuai dengan UUPK dan Permenhub sebab 21 dari 23 penumpang atau konsumen sudah merasa puas karena

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. FAISAL LUQMAN HAKIM, S.H., M.Hum. 2. UDIYO BASUKI, S.H., M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Konsumen, Jasa Angkutan Udara, Keterlambatan Penerbangan atau Delayed.
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 18 Jan 2017 09:05
Last Modified: 18 Jan 2017 09:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23547

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum