KONSELING KELOMPOK DALAM MENANGANI PERILAKU AGRESIF ANAK DI PANTI SOSIAL ASUHAN ANAK YOGYAKARTA UNIT BIMOMARTANI

Geri Febriyanto, NIM. 11250033 (2016) KONSELING KELOMPOK DALAM MENANGANI PERILAKU AGRESIF ANAK DI PANTI SOSIAL ASUHAN ANAK YOGYAKARTA UNIT BIMOMARTANI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (KONSELING KELOMPOK DALAM MENANGANI PERILAKU AGRESIF ANAK DI PANTI SOSIAL ASUHAN ANAK YOGYAKARTA UNIT BIMOMARTANI)
11250033_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (KONSELING KELOMPOK DALAM MENANGANI PERILAKU AGRESIF ANAK DI PANTI SOSIAL ASUHAN ANAK YOGYAKARTA UNIT BIMOMARTANI)
11250033_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (809kB)

Abstract

Geri Febriyanto : Konseling Kelompok Dalam Menangani Perilaku Agresif Anak Di Panti Sosial Asuhan Anak Yogyakarta Unit Bimomartani. Skripsi. Yogyakarta; Ilmu Kesejahteraan Sosial Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Latar belakang penelitian ini adalah melihat banyaknya permasalahan anak di luar sana khususnya anak yang berperilaku agresif bila kita amati bersama bahwa banyak anak karena penelantaran dan tindakan kekerasan membuatnya menjadi agresif, maka dari perilaku agresif ini peneliti tertarik untuk melakukan penelitian di Panti Sosial Asuhan Anak Yogyakarta karena panti ini merupakan salah satu tempat yang khusus menangani anak dengan berbagai permasalahan salah satunya perilaku agresif pada anak. Yang menjadi rumusan masalah skripsi ini adalahbagaimana intervensi pekerja sosial dalam menangani perilaku agresif pada anak di Panti Sosial Asuhan Anak Yogyakarta Unit Bimomartani ? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan pekerja sosial dalam melakukan intervensi konseling terhadap anak yang berperilaku agresif di Panti Sosial Asuhan Anak Yogyakarta Unit Bimomartani. Penelitian ini adalah penelitian dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data observasi diperoleh peneliti dengan cara mengamati lingkungan sekitar seperti sarana dan prasarana, kondisi anak asuh di panti. Peneliti memperoleh data wawancara dari pekerja sosial, psikolog, staff dan anak asuh, sedangkan dokumentasinya diperoleh peneliti dari dokumen data anak asuh, data home visit dan arsip dokumen data profil Panti Sosial Asuhan Anak Yogyakarta. Hasil penelitian dari intervensi konseling kelompok yang dilakukan dalam menangani perilaku agresif anak di PSAA Yogyakarta terdapat 4 tahapan yaitu assesment berupa pemanggilan anak untuk menggali lebih banyak informasi, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Intervensi juga melibatkan seorang psikolog untuk bekerja sama membantu pekerja sosial dalam penanganannya. Setelah mengikuti kegiatan perilaku agresif menjadi berkurang secara non verbal. Bentuk intervensi untuk anak yaitu konseling kelompok. Kata Kunci : Intervensi, Pekerja sosial, Perilaku agresif anak, Panti Sosial Asuhan Anak Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Andayani SIP, M,SW
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Intervensi, Pekerja sosial, Perilaku agresif anak, Panti Sosial Asuhan Anak Yogyakarta
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 24 Jan 2017 09:12
Last Modified: 24 Jan 2017 09:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23573

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum