PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP JUAL BELI TANAH: PRAKTEK PEMBERIAN KUASA MENJUAL MELALUI AKTA OTENTIK NOTARIS DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

IBNU ADY SUSILO, NIM. 12340072 (2016) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP JUAL BELI TANAH: PRAKTEK PEMBERIAN KUASA MENJUAL MELALUI AKTA OTENTIK NOTARIS DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP JUAL BELI TANAH: PRAKTEK PEMBERIAN KUASA MENJUAL MELALUI AKTA OTENTIK NOTARIS DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
12340072_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP JUAL BELI TANAH: PRAKTEK PEMBERIAN KUASA MENJUAL MELALUI AKTA OTENTIK NOTARIS DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
12340072_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Perjanjian Pengikatan Jual Beli (PPJB) merupakan salah satu alternatif bagi calon penjual dan calon pembeli dalam jual beli tanah. PPJB dilangsungkan oleh calon Penjual dan calon Pembeli yang menyatakan kehendaknya untuk melangsungkan jual beli yang sesungguhnya yaitu jual beli yang dilangsungkan menurut ketentuan Pasal 26 Undang-undang Nomor 5 Tahun 1960 tentang Peraturan Dasar Pokok-Pokok Agraria yang disebut juga Undang-undang Pokok Agraria (UUPA) bahwa jual beli merupakan salah satu cara untuk pemindahan hak kepemilikan atas tanah. Sifat jual beli tanah sesuai dengan UUPA adalah Tunai, riil, dan terang. Mengingat berbagai permasalahan dan kenyataan di dalam masyarakat yang dalam proses jual beli tersebut tidak dapat langsung tunai, riil, dan terang, maka dibuat PPJB sebagai salah satu alternatif untuk mengikat kesepakatan yang sudah tercapai dan dibuat dalam bentuk akta otentik. Oleh karena itu, PPJB dibuat sebagai bentuk perlindungan hukum para pihak yang sudah membuat kesepakatan tersebut, selain itu juga terdapat pula PPJB yang disertai dengan kuasa menjual yaitu ketika jual beli tersebut dibayar dengan lunas. Keduanya dituangkan dalam bentuk akta otentik yang dibuat di hadapan Notaris sebagn ai pihak yang berwenang untuk membuat akta otentik. Untuk itu, penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana PPJB dan Kuasa Menjual memberikan perlindungan terhadap penjual dan pembeli. Selain itu, penelitian ini juga untuk mengetahui seberapa penting Notaris dalam memberikan penyuluhan hukum terhadap para pihak sehingga tidak ada salah satu pihak yang dirugikan. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan Yuridis Empiris, dengan pendekatan yang diambil dari peraturan-peraturan yang ada dan menekankan penelitian kepada proses pemberian PPJB dan kuasa sebagai bentuk perlindungan hukum terhadap penjual dan pembeli dalam jual beli tanah. PPJB dan kuasa menjual yang dibuat di hadapan Notaris berupa akta otentik yang memiliki kekuatan hukum sempurna. Oleh karena itu, dalam PPJB dapat memberikan perlindungan dan kepastian hukum kepada para pihak ketika PPJB tersebut dibuat dengan mengikuti teori perikatan yang ada. Ketika terdapat PPJB yang sudah lunas, maka Notaris akan menyarankan untuk pemberian kuasa menjual untuk melindungi kewajiban dari pembeli yang sudah dipenuhi berupa Pembayaran. Selain itu, peran Notaris juga sangat penting dalam memberikan pengetahuan dan penyuluhan hukum kepada para pihak ketika terdapat permasalahan-permasalahan yang ada dalam masyarakat sehingga dalam perbuatan hukum khususnya jual beli tanah tidak merugikan para pihak, meskipun di dalam prakteknya peran Notaris tidak sebatas memberikan penyuluhan hukum terkait dengan akta yang dibuatnya saja, melainkan mencakup hal yang luas termasuk memberikan solusi-solusi terbaik ketika terjadi permasalahan atau perbedaan pendapat yang terjadi di antara para pihak yang menghadap. Kata Kunci: Perikatan Jual Beli, perlindungan hukum, kuasa menjual

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1.NURAINUN MANGUNSONG, SH., M.Hum 2.Dr. EUIS NURLAELAWATI, MA.
Uncontrolled Keywords: Perikatan Jual Beli, perlindungan hukum, kuasa menjual
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 19 Jan 2017 08:47
Last Modified: 19 Jan 2017 08:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23579

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum