(KEADILAN BAGI MUSTAHIQ) STUDI PENERAPAN KETENTUAN AS}HNA>F DI BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) KABUPATEN MAGELANG

FADILA AZMA, NIM : 12380074 (2016) (KEADILAN BAGI MUSTAHIQ) STUDI PENERAPAN KETENTUAN AS}HNA>F DI BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) KABUPATEN MAGELANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text ((KEADILAN BAGI MUSTAHIQ) STUDI PENERAPAN KETENTUAN AS}HNA>F DI BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) KABUPATEN MAGELANG)
12380074_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text ((KEADILAN BAGI MUSTAHIQ) STUDI PENERAPAN KETENTUAN AS}HNA>F DI BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) KABUPATEN MAGELANG)
12380074_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul (keadilan bagi mustahiq) studi penerapan ketentuan as}hna>f di badan amil zakat nasional (BAZNAS) kabupaten Magelang. Latar belakang dalam penelitin ini dikarenakan adanya beberapa persoalan yang secara praktik ketentuan as}hna>f perlu untuk dikaji secara serius berdasarkan keadilan bagi mustahiq. Alasan mengapa penyusun memilih penelitian pada BAZNAS Magelang dikarenakan adanya lima as}hna>f yang ditentukan oleh BAZNAS Magelang. ketentuan as}hna>f tersebut sudah dirasa adil oleh BAZNAS Magelang. Dengan alasan tersebut, maka pokok masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana ketentuan kreteria as}hna>f di BAZNAS Magelang dan bagaimana kreteria as}hna>f di BAZNAS Magelang dalam perspektif keadilan bagi mustahiq. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan normatif, yaitu penyusun membahas praktik pembagian pendapatan berdasarkan pandangan Islam. Sifat dari penelitian ini adalah diskriptif analisis, yaitu memaparkan data-data dan informasi tentang masalah praktik ketentuan as}hna>f di BAZNAS Magelang secara sistematis dan menganalisisnya dalam perspektif keadilan bagi mustahiq. Data-data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumen-dokumen terkait yang kemudian dianalisis secara kualitatif, yaitu analisis berdasarkan data-data yang diperoleh selanjutnya dipilah-pilah dan dianalis menggunakan metode induksi untuk memperoleh kesimpulan tentang praktik ketentuan as}hna>f di BAZNAS Magelang. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa dalam pelaksanaan ketentuan as}hna>f di BAZNAS Magelang sudah sesuai yang telah ditentukan dalam al- Qur’an. Penentuan kriteria as}hna>f tersebut berdasarkan keadaan wilayah di kabupaten Magelang. Jadi ada beberapa ashnaf yang susah untuk ditemukan di kabupaten Magelang. Beberapa as}hna>f yang ditemukan oleh BAZNAS adalah seperti golongan fakir-miskin, muallaf, fi> sabi>lilla>h, ibnu sabi>l, dan amil. Sedangkan yang gorim, riqob sudah susah untuk ditemukan di wilayah kabupaten Magelang tersebut. Selain itu, mereka sudah menetapkan kreteria as}hna>f dengan sebuah proses keadilan untuk kesejahteraan, penyelamat jiwa masyarakat dari faktor ekonomi di kabupaten Magelang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Zusiana Elly Triantini, SHI., MSI.
Uncontrolled Keywords: KEADILAN MUSTAHIQ, KETENTUAN ASHNAF BAZNAS, KEADILAN, MUSTAHIQ
Subjects: Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 19 Jan 2017 13:50
Last Modified: 19 Jan 2017 13:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23615

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum