POLA INTERAKSI SOSIAL ANTARA MASYARAKAT PERUMAHAN DENGAN MASYARAKAT LOKAL DI DESA PANGGUNGHARJO SEWON BANTUL YOGYAKARTA

Cahya Bintang Yulianto, NIM: 12540007 (2016) POLA INTERAKSI SOSIAL ANTARA MASYARAKAT PERUMAHAN DENGAN MASYARAKAT LOKAL DI DESA PANGGUNGHARJO SEWON BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (POLA INTERAKSI SOSIAL ANTARA MASYARAKAT PERUMAHAN DENGAN MASYARAKAT LOKAL DI DESA PANGGUNGHARJO SEWON BANTUL YOGYAKARTA)
12540007_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (POLA INTERAKSI SOSIAL ANTARA MASYARAKAT PERUMAHAN DENGAN MASYARAKAT LOKAL DI DESA PANGGUNGHARJO SEWON BANTUL YOGYAKARTA)
12540007_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Desa Panggungharjo Sewon Bantul Yogyakarta merupakan salah satu desa yang mengalami aglomerasi perkotaan. Banyaknya bangunan perumahan yang berdiri di desa ini membuat pendatang bermukim di daerah tersebut. Adanya pendatang yang tinggal di Desa Panggungharjo ini membuat pola interaksi antara masyarakat di perumahan dengan masyarakat lokal memiliki karakteristik yang beragam. Hal ini dikarenakan masyarakat perumahan memiliki komunitasnya sendiri begitu juga dengan masyarakat lokal. Berbagai pandangan muncul dari masyarakat lokal terhadap masyarakat perumahan yang cenderung pasif dan individualis. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pola interaksi sosial dan pengaruhnya antara masyarakat perumahan dengan masyarakat lokal agar dapat hidup saling berdampingan. Teori yang peneliti gunakan adalah teori interaksi sosial (timbal balik) dari Georg Simmel. Menurut pandangannya, masyarakat dapat terbentuk karena adanya interaksi bukan adanya kelompok orang yang hanya diam. Jadi, melalui interaksi timbal balik, antara individu dengan individu lainnya dapat saling berhubungan dan mempengaruhi sehingga akan memunculkan masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan unit analisa deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara mendalam, observasi dan juga dokumentasi. Hasil penelitian dilapangan menunjukkan bahwa pertama pola interaksi sosial antara masyarakat perumahan dengan masyarakat lokal adalah interaksi timbal balik yang saling mempengaruhi antara satu dengan lainnya. Kegiatan keagamaan seperti pengajian, Sholat Jum’at berjama’ah dan juga Sholat Tarawih dan kegiatan sosial seperti kerja bakti, pertemuan RT dan kegiatan olahraga merupakan media interaksi yang baik antar masyarakat perumahan dengan masyarakat lokal. Kedua Adapun pengaruh dari interaksi sosial antara masyarakat perumahan dengan masyarakat lokal di Desa Panggungharjo adalah adanya keikutsertaan masyarakat lokal dalam kegiatan di perumahan begitu pula sebaliknya. Ketiga Kesimpulan dari penelitian ini adalah tercipta pola interaksi yang harmonis antar masyarakat perumahan dengan masyarakat lokal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Masroer, S.Ag., M.Si, selaku
Uncontrolled Keywords: POLA INTERAKSI SOSIAL, INTERAKSI SOSIAL, POLA INTERAKSI MASYARAKAT PERUMAHAN, POLA INTERAKSI MASYARAKAT LOKAL
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 19 Jan 2017 14:53
Last Modified: 19 Jan 2017 14:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23627

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum