GELIAT PEREMPUAN MELAWAN STIGMATISASI (Studi Upaya Transformasi Konflik Tokoh Ayu dalam Novel “Akulah Istri Teroris” Karya Abidah El Khalieqy)

MUSTOFA, NIM. 10540061 (2016) GELIAT PEREMPUAN MELAWAN STIGMATISASI (Studi Upaya Transformasi Konflik Tokoh Ayu dalam Novel “Akulah Istri Teroris” Karya Abidah El Khalieqy). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (GELIAT PEREMPUAN MELAWAN STIGMATISASI (Studi Upaya Transformasi Konflik Tokoh Ayu dalam Novel “Akulah Istri Teroris” Karya Abidah El Khalieqy))
10540061_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (GELIAT PEREMPUAN MELAWAN STIGMATISASI (Studi Upaya Transformasi Konflik Tokoh Ayu dalam Novel “Akulah Istri Teroris” Karya Abidah El Khalieqy))
10540061_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Persepesi terhadap teroris yang kejam, nekat dan brutal dalam aksinya, sudah melekat dalam pikiran masyarakat. Sehingga masyarakat tidak mentolerin kehadiran teroris ditengah-tengah kehidupan masyarakat. karena itu juga kadang masyarakat acapkali menstigma orang-orang yang mendapat tuduhan teroris. Bahkan Stigma teroris ikut terbawa pada orang-orang yang mempunyai kedekatan dengan terduga ataupun pelaku teroris, seperti istri dan anak-anaknya. Dengan membawa nama teroris dibalik nama mereka, tentu tidaklah mudah dan terus membawa pada konsekuensi yang berantai, yang berdampak pada rentannya perlakuan yang diskriminatif dari masyarakat. Abidah El Khaleqi lewat karya novelnya, yang berjudul “Akulah Istri Teroris” mengisahkan seorang istri yang bernama Ayu, mendapatkan stigma istri teroris dari masyarakat lantaran suaminya dituduh dan ditembak mati oleh satuan Detasemen Khusus (Densus) 88. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola stigmatisasi struktur dan upaya transformasi konflik yang dilakukan tokoh Ayu, ketika terkungkung oleh stigma yang melekat pada dirinya. Penelitian ini merupakan penelitian library research, dengan bentuk penyajiannya deskriptif kualitatif. Sumber data primer dan sekunder dalam penelitian ini berupa novel “Akulah Istri Teroris,”dan data sekundernya berupa buku-buku serta wawancara dengan penulis novel tersebut. Tekhnik pengumpulan data ini berupa dokumenter dan wawancara. Tekhnik analisis yang digunakan untuk menganalisis teks novel ini adalah dengan metode hermeneutika, dengan pendekatan sosiologi sastra. Selanjutnya untuk melihat perubahan pada tokoh Ayu saat mengalami konflik, digunakannya teori transformasi konflik dari John Paul Laderach, dengan mendeteksi tingkat perubahan baik dari dimensi personal, relasional, struktural dan kultural. Hasil Penelitian ini menyatakan bahwa stigma yang mengenai tokoh Ayu dalam novel tersebut, berupa sindiran, gunjingan, hinaan dan bahkan pada upaya pengucilan dari pergaulan masyarakat terhadap tokoh Ayu. Namun dalam kungkungan konflik yang berupa stigma itu, tokoh Ayu berupaya melakukan transformasi konflik. Ayu membuktikan bahwa konflik yang dialami berupa stigma yang mengenai dirinya dapat dijadikan pemicu bagi Ayu untuk memperbaiki hidupnya kearah perubahan yang lebih baik. Adapun upaya transformasi konflik Ayu, yang teridentifikasi pada dimensi relasional, pertama, adanya kesedian Ayu untuk melepaskan cadar yang selama ini telah membuat jarak dengan masyarakat, kedua keberanian Ayu membuka interaksi dan komunikasi kembali dengan masyarakat yang sempat berhenti, ketiga membangun interaksi dengan polisi. Selanjutnya perubahan pada dimensi personal meliputi pertama kemandirian Ayu untuk menentukan keputusan yang menyangkut dirinya (pernikahannya yang kedua dan melanjutkan kuliah), dan kedua, semakin intensnya Ayu menjalin hubungan dengan Tuhannya, dengan penghayatan yang lebih mendalam. Kata kunci: istri teroris, stigma, teroris, transformasi konflik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Nurus Sa'adah, S.Psi., M.Si., Psi.
Uncontrolled Keywords: istri teroris, stigma, teroris, transformasi konflik.
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 19 Jan 2017 14:56
Last Modified: 19 Jan 2017 14:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23628

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum