PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Sirait, Sangkot (2012) PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. In: Diskusi Imiah Dosen Tetap UIN Sunan Kalijaga Tahun Ke -32, Bulan Januari 2012 S.D. Juni 2012, Sekertariat Diskusi Malam Sabtu UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
Pembelajaran Kontekstual Dalam PAI.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview

Abstract

Ada dua hal ditelaah dalam tulisan ini, yakni bagaimana pembelajaran kontekstual tampak dalam pembelajaan (paedagogis) dan bagaimana pula kontekstualilasi itu tampak pada ranah profesionalitas guru Pendidikan Agama Islam (P AI) dalam melakukan pembelajaran itu. Pendidikan ditujukan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, sebagaimana dirumuskan dalam Tujuan Pendidikan Nasional dalam UU Sisdiknas Nomor 20 Tahun 2003, bahwa Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab.2 Berdasarkan UU Sisdiknas di atas, maka salah salah satu ciri manusia berkualitas adalah mereka yang tangguh iman dan takwanya serta memiliki akhlak mulia. Dengan demikian salah satu ciri kompetensi keluaran pendidikan adalah ketangguhan dalam iman dan takwa serta memiliki akhlak mulia.3

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: KONTEKSTUAL,PENDIDIKAN, AGAMA, ISLAM
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Makalah
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 20 Jan 2017 15:56
Last Modified: 09 Jun 2017 13:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23683

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum