PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN WORD CARD

Marwati, . (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN WORD CARD. In: PROCEEDING OF CONSORTIUM OF LINGUISTICS AND LITERATURE Contemporary Issues in English Linguistics, Literature, and Education. Prosiding, Vol. 1 (No. 1). Fakultas Adab dan Ilmu Budaya, Yogyakarta, pp. 193-197. ISBN 978-979-8548-08-6

[img]
Preview
Image (PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN WORD CARD)
Cover s.d. Daftar Isi.pdf - Cover Image

Download (928kB) | Preview
[img]
Preview
Text (PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN WORD CARD)
26_Marwati - PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview

Abstract

Salah satu kemampuan yang sangat diharapkan dalam pembelajaran Bahasa Inggris adalah kemampuan membaca pemahaman. Apalagi untuk Ujian Nasional, ketrampilan membaca pemahaman sangat berperan penting, karena sebagian besar materi adalah teks. Namun kenyataannya, masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami teks Bahasa Inggris karena kurangnya penguasaan kosa kata. Di sinilah terjadi masalah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut penulis mengatasinya dengan menggunakan Word Card (Kartu Kosakata). Word Card ini dilaksanakan dengan melalui beberapa tahap, yakni; perencanaan, pelaksanaan, refleksi dan perbaikan. Dalam perencanaan, guru harus mempersiapkan materi / teks, kata – kata sukar, word card, soal dan jawaban pertanyaan beserta bukti. Ini semua perlu dilaksanakan dengan matang. Untuk pelaksanaan, ada beberapa langkah yang dilaksanakan, di antaranya: menjelang akhir pertemuan, siswa dan guru mempersiapkan teks yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya. Siswa dan guru membahas kata sukar , siswa menulis untuk dihafalkan. Kata tersebut yang akan dipakai pada Word card pada pertemuan berikutnya. Pada pertemuan berikutnya, setelah guru masuk dan membuka pelajaran, langsung membagi Word Card. Siswa mengartikan kata – kata dalam Word Card selama 5 menit, mencocokkan dan memasukkan nilai. Untuk siswa yg terbaik, diberi stempel dengan tulisan ‘I’m the best in English today”. Setelah itu pelajaran dilanjutkan dengan mengerjakan soal pemahaman teks, dan membahasnya. Setelah pelaksanaan Word Card perlu adanya refleksi untuk menentukan faktor penghambat dan pendukung. Setelah diketahui faktor penghambat dan pendukung, barulah ditentukan perbaikan untuk pelaksanaan Word Card pada teks berikutnya. Dengan dilaksanakannya Word Card ini kosa kata siswa akan meningkat. Jika siswa menguasai kosa kata Bahasa Inggris dengan baik, siswa akan merasa percaya diri dalam mengikuti pembelajaran Bahasa Inggris. Di samping itu, dengan menguasai kosa kata Bahasa Inggris, kemampuan untuk memahami teks Bahasa Inggris juga meningkat. Ternyata ada hubungan yang signifikan antara penguasaan kosa kata dengan kemampuan memahami teks Bahasa Inggris. Artinya, semakin tinggi siswa menguasai kosa kata Bahasa Inggris, semakin tinggi pula kemampuan siswa tersebut dalam memahami teks Bahasa Inggris. Kata kunci: word card, kartu kosakata, kemampuan membaca

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: word card, kartu kosakata, kemampuan membaca
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Prosiding (Proceeding)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 23 Jan 2017 10:23
Last Modified: 23 Jan 2017 10:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23705

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum