HUDATUL UMAM HABIBI - NIM. 04410737-03, (2009) UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENGOPTIMALKAN PRESTASI SISWA DI MADRASAH ALIYAH NURUL UMMAH (MANU) KOTAGEDE YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
|
Text (UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENGOPTIMALKAN PRESTASI SISWA DI MADRASAH ALIYAH NURUL UMMAH (MANU) KOTAGEDE YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
|
Text (UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENGOPTIMALKAN PRESTASI SISWA DI MADRASAH ALIYAH NURUL UMMAH (MANU) KOTAGEDE YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (151kB) |
||
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg Download (0B) |
||
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg Download (0B) |
||
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg Download (0B) |
||
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg Download (0B) |
||
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg Restricted to Repository staff only Download (0B) |
||
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg Restricted to Repository staff only Download (0B) |
||
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg Restricted to Repository staff only Download (0B) |
||
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg Restricted to Repository staff only Download (0B) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang upaya Kepala Sekolah dalam mengoptimalkan prestasi siswa Madrasah Aliyah Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pemikiran dalam rangka menerapkan strategi manajemen bagi para praktisi pendidikan untuk mengoptimalkan prestasi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar Madrasah Aliyah Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta. Pengumpulan data diadakan dengan pengamatam, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mengadakan triangulasi dengan dua modus, yaitu membandingkan data hasil pengamatan dengan data hasil wawancara serta membandingkan data hasil wawancara dengan isi dokumen yang berkaitan. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pendidikan MANU merupakan model yang menerapkan pendidikan sekolah sehari penuh (Full Day School) baik di sekolah maupun di asrama. Maka dalam menjalankan kinerjanya, Kepala Sekolah mempunyai dua tugas pokok yakni di sekolah dan di asrama. Tugas Kepala Sekolah di lingkup sekolah meliputi tanggung jawab, uraian pekerjaan, uraian tugas serta diiringi dengan hak dan kewajibanya. Sedangkan tugas Kepala Sekolah di lingkup asrama bertugas sebagai edukator (pendidik) dan manajer. Sebagai madrasah yang sudah menorehkan banyak prestasi di usia muda, tentunya tidak terlepas dari upaya Kepala Sekolah dalam mengoptimalkan prestasi siswa yang menyatu baik di sekolah maupun di asrama. Upaya ini dapat dioptimalkan melaui dua sisi disertakan faktor-faktor pendukung dan penghambatnya, melalui : 1) Penumbuhkembangan bakat dan potensi siswa yang meliputi : a) kegiatan pengembangan diri. b) program pembiasaan. c) pendidikan kecakapan hidup. 2) Pengoptimalan kegiatan pembelajaran siswa yang meliputi : a) pengembangankurikulum. b) pengembangan Proses Belajar Mengajar (PBM). c) pengembangan SDM madrasah. d) pengembangan fasilitas madrasah. e) peningkatan kedisiplinan melalui penerapan peraturan yang efektif. f) peningkatkan kemampuan kognisi siswa. g) penyelenggaraan monitoring. h) penyelenggaraan evaluasi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Drs. Sabarudin, M.Si. |
Uncontrolled Keywords: | Mengoptimalkan Prestasi |
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | Edi Prasetya [edi_hoki] |
Date Deposited: | 13 Aug 2012 19:10 |
Last Modified: | 13 Aug 2012 19:12 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2372 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
View Item |