PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDIA DAILY CHEMISTRY SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI KIMIA SMK KESEHATAN KELAS XI SEMESTER 1

HELAH, NIM. 12670001 (2016) PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDIA DAILY CHEMISTRY SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI KIMIA SMK KESEHATAN KELAS XI SEMESTER 1. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDIA DAILY CHEMISTRY SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI KIMIA SMK KESEHATAN KELAS XI SEMESTER 1)
12670001_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDIA DAILY CHEMISTRY SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI KIMIA SMK KESEHATAN KELAS XI SEMESTER 1)
12670001_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) mengembangkan Ensiklopedia Daily Chemistry sebagai sumber belajar mandiri kimia SMK Kesehatan kelas XI semester 1, (2) menguji kualitas ensiklopedia yang telah dikembangkan sebagai sumber belajar mandiri kimia berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, guru SMK Kesehatan dan siswa. Model pengembangan yang digunakan adalah model four D yaitu Define (pendefinisian), Design (perancangan), Development (pengembangan), dan Disseminate (penyebarluasan). Penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap Development (pengembangan). Produk ensiklopedia ini ditinjau oleh dosen pembimbing, ahli materi, ahli media, tiga peer reviewer. Subyek penilaian kualitas ensiklopedia ini tiga pendidik (2 pendidik kimia 1 ahli kesehatan) dan direspon oleh 10 siswa SMK Kesehatan di kota Yogyakarta dan sleman. Instrumen yang digunakan dalam penilaian berupa lembar skala penilaian 1-5 yang berisi 12 kriteria. Hasil penilaian dan respon berupa data kualitatif yang diubah menjadi data kuantitatif , kemudian dianalisis setiap aspeknya untuk menentukan kualitas ensiklopedia yang dikembangkan. Karakteristik ensiklopedia yang dikembangkan antara lain tersusun atas 3 materi meliputi asam basa, sifat koligatif larutan, dan laju reaksi setiap materi ada keterkaitannya dengan ilmu kesehatan. Selain itu dilengkapi dengan sejarah dari obat tersebut, contoh obat, glosarium, serta keterkaitan dengan materi kimia. Hasil penelitian dan pengembangan Ensiklopedia Daily Chemistry sebagai sumber belajar mandiri kimia SMK Kesehatan kelas XI semester 1 berdasarkan penilaian ahli materi menunjukkan bahwa kualitas ensiklopedia Baik (B) dengan skor maksimal 11 dan persentase keidealan 80%. Menurut penilaian ahli media menunjukkan bahwa kualitas ensiklopedia Baik (Baik) dengan skor 10 dan presentase keidealan sebesar 80%. Menurut guru kimia menunjukkan bahwa kualitas Sangat Baik (SB) dengan persentase keidealan besar 85, %. Hasil respon siswa terhadap ensiklopedia Daily Chemistry mendapatkan persentase keidealan sebesar 77,17% sehingga dapat disimpulkan bahwa siswa menilai tampilan fisik ensiklopedia Daily Chemistry menarik. Respon yang diberikan siswa terhadap adanya ensiklopedia Daily Chemistry sangat positif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Asih Widi Wisudawati, M.Pd,
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Ensiklopedia, Daily chemistry, Asam-Basa, Laju Reaksi, dan sifat koligatif larutan.
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Kimia (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 27 Jan 2017 09:08
Last Modified: 27 Jan 2017 09:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23734

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum