NARASI DALAM CERITA BERGAMBAR UNTUK PAUD/TK (Kajian terhadap Muatan Nilai Personal dan Edukatif)

Sidik, Umar (2012) NARASI DALAM CERITA BERGAMBAR UNTUK PAUD/TK (Kajian terhadap Muatan Nilai Personal dan Edukatif). ADABIYYAT, Vol.11 (No.1). pp. 94-120. ISSN 1412-3509

[img]
Preview
Text (NARASI DALAM CERITA BERGAMBAR UNTUK PAUD/TK (Kajian terhadap Muatan Nilai Personal dan Edukatif))
Umar Sidik - NARASI DALAM CERITA BERGAMBAR UNTUK PAUD TK (Kajian terhadap Muatan Nilai Personal dan Edukatif).pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

The aim of this research is to describe the personal and educational values in the graphic stories of the learning materials for pre-school education/kindergarten. The research applies Huck et al’s theory (1987) which states that children stories are full of personal and educational values. The population of the research is graphic stories found in different sources for the materials of the pre-school education/kindergarten. The sampling method is purposive sampling, i.e. the sampling which is based on the research objective. The examination is conducted using extrinsic approach in order to emphasize the analysis on the values and functions of the stories. The analysis is carried out by establishing categories, describing, and drawing inferences. The result of the research shows that there are eleven values in the graphic stories of the materials of the preschool educations/kindergartens, i.e. the development of emotional, intellectual, imaginative (and fantasy), social, ethical and religious values; exploration and discovery; language acquisition; cultivation of sense of beauty, introduction to multicultural insights, development of reading habits, and building up good personality. Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan berbagai macam nilai personal dan nilai edukatif dalam cergam sebagai bahan PAUD/TK. Teori penelitian mengacu pada Huck et al. (1987) yang menyatakan bahwa cerita anak mempunyai nilai personal (personal values) dan nilai pendidikan (educational values). Populasi penelitian ialah cerita yang terdapat dalam berbagai sumber yang dijadikan bahan PAUD/TK. Penyampelan dilakukan dengan purposive sampling, yaitu penentuan sampel sesuai dengan tujuan penelitian. Pengkajian dilakukan denganmenggunakan pendekatan ekstrinsik, yaitu dengan menekankan telaahnya pada nilai dan fungsi yang terdapat dalam cerita. Analisis dilakukan dengan pembuatan kategori, pendeskripsian, dan pembuatan inferensi. Hasil penelitian menunjukkan ada sebelas nilai cergam yang berkontribusi dalam PAUD/TK, yaitu nilai pengembangan emosi, intelektual, imajinasi dan fantasi, sosial, etis dan religius, eksplorasi atau penemuan, pengembangan bahasa, rasa keindahan, dan penanaman wawasan multikultural, penanaman kebiasaan membaca, serta penanaman nilai kepribadian. Kata kunci: sastra anak; bacaan anak; pendidikan anak usia dini.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: sastra anak, bacaan anak, pendidikan anak usia dini.
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Jurnal > 5. Adabiyat
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 31 Jan 2017 10:33
Last Modified: 31 Jan 2017 10:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23760

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum