MADRASAH ULUGH BEG DI SAMARKAND PADA MASA DINASTI TIMURIAH (1417-1449 M)

NURUL AINI AGUSTINA, NIM. 11120085 (2016) MADRASAH ULUGH BEG DI SAMARKAND PADA MASA DINASTI TIMURIAH (1417-1449 M). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MADRASAH ULUGH BEG DI SAMARKAND PADA MASA DINASTI TIMURIAH (1417-1449 M))
11120085_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (MADRASAH ULUGH BEG DI SAMARKAND PADA MASA DINASTI TIMURIAH (1417-1449 M))
11120085_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Madrasah sebagai lembaga pendidikan Islam dalam segi keilmuan sering diasumsikan sebagai lembaga yang hanya fokus pada ilmu-ilmu agama (al ulum al-diniyah), asumsi lebih jelek lagi bahwa pendidikan Islam memakruhkan ilmu pengetahuan umum. Benar bahwa madrasah dijiwai oleh nilai-nilai agama Islam pada kelahirannya, namun tidak tepat jika pendidikan Islam mengesampingkan adanya perkembangan ilmu pengetahuan umum. Madrasah Ulugh Beg yang dibangun oleh penguasa Dinasti Timuriah, Muhammad Taraghay Ulugh Beg pada tahun 1417-1420 M, merupakan salah satu madrasah yang memfokuskan ilmu pengetahuan umum dalam kurikulum pendidikannya, yakni ilmu matematika dan astronomi. Selain itu, ilmu-ilmu agama dan sastra juga dipelajari di madrasah ini. Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan pelaksanaan Madrasah Ulugh Beg di Samarkand antara tahun 1417 – 1449 M dalam setiap periodenya dan sistem pendidikan yang dijalankannya beserta pengaruhnya. Pendekatan sosiologi merupakan pendekatan yang digunakan dalam penelitian Madrasah Ulugh Beg di Samarkand ini, dengan penekanan pada aspek golongan sosial yang berperan serta nilainya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori perubahan sosial. Menurut Kingsley Davis peruabahan sosial adalah perubahan-perubahan yang terjadi dalam struktur dan fungsi masyarakat. Metode yang digunakan adalah metode sejarah, yakni langkahlangkah yang telah disepakati oleh para sejarawan, langkah-langkah tersebut di antaranya adalah heuristik, verifikasi, interpretasi, dan historiografi. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa Madrasah Ulugh Beg mengalami tiga periode dalam perkembangannya, yakni periode awal 1417-1424 M, periode ini adalah periode pertumbuhan lembaga, komponen penting yang terdiri dari kepala madrasah, guru, murid dan generasi pertama terbentuk pada periode ini. Periode Kedua 1424-1447 M, periode ini adalah periode kemajuan dengan adanya integrasi Madrash Ulugh Beg dengan Observatorium Ulugh Beg hingga lahir banyak ilmuan dan karya ilmiah. Periode Ketiga 1447-1449 M, periode ini adalah periode awal kemunduran, yang mana madrasah kehilangan pelindungnya, Ulugh Beg dan hancurnya Observatorium Ulugh Beg sebagai sarana penunjang pendidikan di Madrasah Ulugh Beg. Madrasah Ulugh Beg memiliki 6 komponen dalam inti pembentuk sistem pendidikannya. Keenam komponen ini memiliki tujuan dalam membentuk kelompok masyarakat dengan pengetahuan yang lebih tinggi, khususnya dalam pengetahuan ilmu-ilmu umum dengan didukung ilmuilmu agama, sehingga tercipta perubahan kehidupan sosial yang lebih baik dengan lahirnya para ilmuan dan masyarakat yang produktif, khususnya masyarakat di Samarkand, meskipun dalam faktanya ada perubahan yang tidak dikehendaki yakni bangkitnya ulama’ konservatif. Di sisi lain, Madrasah Ulugh Beg di Samarkand mampu menjadi pusat pendidikan yang berpengaruh baik di Dunia Islam maupun di Dunia Barat, melalui alumni-alumni madrasah dan karya-karya tokoh Madrasah Ulugh Beg di Samarkand.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Prof. Dr. Muhammad Abdul Karim, M. A., M. A
Uncontrolled Keywords: Madrasah Ulugh Beg, Samarkand, Dinasti Timuriah
Subjects: Sejarah Peradaban / Kebudayaan Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Sejarah Kebudayaan Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 02 Feb 2017 13:53
Last Modified: 02 Feb 2017 13:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23845

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum