KONSEP PENDIDIKAN ANAK DALAM KISAH IBRAHIM DAN LUQMAN (Studi tentang Metode dan Materi)

Agus Firmansyah, NIM. 1420411119 (2016) KONSEP PENDIDIKAN ANAK DALAM KISAH IBRAHIM DAN LUQMAN (Studi tentang Metode dan Materi). Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (KONSEP PENDIDIKAN ANAK DALAM KISAH IBRAHIM DAN LUQMAN (Studi tentang Metode dan Materi))
1420411119_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (KONSEP PENDIDIKAN ANAK DALAM KISAH IBRAHIM DAN LUQMAN (Studi tentang Metode dan Materi))
1420411119_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sedikitnya buku-buku pendidikan anak yang bersumber dasar dari al-Qur’an serta kisah-kisah di dalamnya. Latar belakang tersebut mendorong penulis untuk meneliti, menemukan, dan menganalisis konsep pendidikan anak studi pada metode dan materi dalam kisah Ibrahim dan Luqman. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pemaparan kisah Ibrahim dan Luqman dalam al-Qur’an. 2) mengetahui metode dan materi pendidikan anak dalam kisah Ibrahim dan Luqman dalam al-Qur’an. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan, dengan pendekatan tematik dan pendidikam anak. Data diperoleh dengan mengkaji tafsir ayat-ayat tentang kisah Ibrahim dan Luqman dalam al-Qur’an dari kitab tafsir al-Mishbah dan dari kitab dan artikel yang membahas tentang kisah Ibrahim dan Luqman. Data disesuaikan dengan tema kisah Ibrahim dan Luqman, dan selanjutnya dianalisis dengan model analisis tematik Farmawi yang telah disederhanakan. Hasil penelitian, 1) Kisah Ibrahim dalam al-Qur’an dijelaskan sesuai urutan antara lain: informasi tentang pengutusan Ibrahim, dakwah Ibrahim kepada ayahnya, perenungan Ibrahim tentang fenomena alam, sikap Azar terhadap dakwah Ibrahim, dialog Ibrahim dengan kaumnya, Ibrahim merusak berhala, Ibrahim diinterogasi, Ibrahim dibakar, dialog dengan Namrud, menghidupkan burung, kelahiran Ismail, penyembelihan Ismail, Baitullah tempat memperoleh pahala dan tempat aman, doa Ibrahim untuk kemakmuran Mekkah, Ibrahim dan Ismail membangun pondasi Ka’bah, doa Ibrahim untuk anak dan keturunanya, doa Ibrahim untuk orang tuanya, malaikat membawa kabar gembira, sikap Sarah terhadap kabar gembira, berita kelahiran Ishaq, dialog dengan malaikat tentang kaum Luth, wasiat Ibrahim kepada anaknya dan Ya’qub. Kisah Luqman dibagi menjadi dua antara lain: informasi tentang Luqman dan nasihat Luqman untuk anaknya. Adapun nasihat Luqman untuk anaknya antara lain: bersyukur, larangan syirik, berbakti kepada kedua orang tua, melaksankan shalat, amar ma’ruf nahi mungkar, larangan sombong, tawadhu, dan menjaga diri. 2) Metode pendidikan anak yang terdapat dalam kisah Ibrahim dan Luqman antara lain: metode keteladanan, pembiasaan, tarhi<b, doa, dialog, dan mauiz{ah. Materi pendidikan anak yang terdapat dalam kisah Ibrahim dan Luqman antara lain: materi akidah meliputi iman kepada Allah, malaikat, dan hari kiamat. Materi akhlak meliputi sabar, berbakti kepada kedua orang tua, syukur, tawakkal, cinta, amar ma’ruf nahi mungkar, larangan sombong, taqwa, ikhlas, dan menegakkan keadilan. Materi pendidikan ibadah meliputi doa dan shalat. Kata Kunci: Pendidikan Anak, Kisah, Ibrahim, Luqman, Metode, Materi.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Ahmad Rafiq, M.Ag., Ph.D
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Anak, Kisah, Ibrahim, Luqman, Metode, Materi.
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 03 Feb 2017 08:46
Last Modified: 03 Feb 2017 08:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23860

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum