PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA ARAB BERBASIS SCRABBLE (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas II Semester II Di MI Sultan Agung Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016)

Istiqomah, NIM: 1420411164 (2016) PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA ARAB BERBASIS SCRABBLE (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas II Semester II Di MI Sultan Agung Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016). Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA ARAB BERBASIS SCRABBLE (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas II Semester II Di MI Sultan Agung Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016))
1420411164_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA ARAB BERBASIS SCRABBLE (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas II Semester II Di MI Sultan Agung Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016))
1420411164_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ISTIQOMAH, Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab Berbasis Scrabble (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas II Semester II MI Sultan Agung Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016). Tesis: Konsentrasi Pendidikan Bahasa Arab Program Studi Pendidikan Islam Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Pembelajaran kosakata bahasa Arab dengan scrabble perlu di lakukan karena diyakini dapat mengembangkan kompetensi kosakata peserta didik. Penelitian ini mencakup desain pembelajaran kosakata bahasa Arab di MI Sultan Agung dan ingin membuktikan ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas eksperimen (kelas yang menggunakan scrabble) dengan kelas kontrol (kelas yang tidak menggunakan scrabble) dilihat dari pre-test post-test kelas kelas kontrol dan kelas eksperimen dan post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian experiment research. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II MI Sultan Agung tahun ajaran 2015/2016 pada semester II sebanyak 65 siswa. Diantara dua kelas, kelas II B (32 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas II A (33 siswa) sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Untuk menguji keakuratan instrumen digunakan dengan uji validitas dengan rumus Product Moment, dan uji reabilitas dengan menggunakan rumus Alpha. Persyaratan analisis data dengan menggunakan uji normalitas dengan menggunakan rumus Kolmogorov-Smirnov. Adapun Hasil perolehan data dalam penulisan ini diolah menggunakan analisis data dengan uji “t”. Perolehan sekor rata-rata pre-test kelas kontrol 38,79 dan kelas eksperimen 36,56. Nilai post-test kelas kontrol 73,030 sedangkan kelas eksperimen sebesar 75,312. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: mengetahui desain pembelajaran kosakata bahasa Arab berbasis scrabble yaitu pendahuluan (salam), inti (memperlihatkan materi kosakata, menyusun kata menggunakan huruf dan papan scrabble, guru bersama siswa mengoreksi dan penutup (salam). Untuk nilai pre-test post-test hasil pembelajaran kosakata bahasa Arab kelas eksperimen menggunakan scrabble,dengan pembelajaran kosakata kelas kontrol tanpa menggunakan scrabble ada perbedaan yang sangat signifikan yaitu 0,00, sedangkan nilai post-test hasil pembelajaran kosakata bahasa Arab kelas eksperimen dan kelas kontrol juga terdapat perbedaan yang sangat signifikan yaitu 0,00. Strategi Scrabble dapat dijadikan sebagai strategi alternatif dalam pembelajaran kosataka bahasa Arab. Kata Kunci: Pembelajaran Kosakata dan Strategi Scrabble.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Prof. Barmawi Munthe
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kosakata dan Strategi Scrabble
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 06 Feb 2017 08:10
Last Modified: 06 Feb 2017 08:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23865

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum