PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS VII MTs N YOGYAKARTA I (PERSPEKTIF TAKSONOMI BLOOM)

Ninik Hanifatum Masitoh, NIM : 1420411167 (2016) PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS VII MTs N YOGYAKARTA I (PERSPEKTIF TAKSONOMI BLOOM). Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS VII MTs N YOGYAKARTA I (PERSPEKTIF TAKSONOMI BLOOM))
1420411167_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS VII MTs N YOGYAKARTA I (PERSPEKTIF TAKSONOMI BLOOM))
1420411167_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keadaan instansi penyelenggara pendidikan khususnya madrasah yang ada mata pelajaran bahasa arab akan tetapi mengabaikan peraturan Menteri Agama K-13 2004 bahwa peserta didik setelah menjalani proses pembelajaran diharapkan memiliki sikap, pengetahuan dan keterampilan. Memiliki sikap yang mencerminkan sikap orang beriman, berakhlak mulia, berilmu, percaya diri dan berinteraksi dengan santun. Namun kenyataan yang terjadi di lapangan pendidik mengabaikan tiga ranah itu dan lebih memprioritaskan materi yang termuat dalam kemampuan kognitif saja. Padahal sikap dan keterampilan peserta didik itu sangat penting ditanamkan karena akan dibawa mereka dan melekat sampai kapanpun. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan atau field research atau penelitian lapangan yang bersifat kualitatif dan mengambil obyek penelitian di kelas VII MTs N Yogyakarta I. pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Implikasi pembelajaran bahasa arab afektif di kelas VII MTs N Yogyakarta I untuk perencanaannya mengacu pada KI- 1 dan KI-2 untuk pengembangan sikap spiritual dan sosial. Pembelajaran afektif ini tidak diajarkan namun berkontribusi pada saat pembelajaran berlangsung. Evaluasi yang digunakan dengan pengamatan langsung tentang sikap, tanggung jawab dan toleransi peserta didik pada saat pembelajaran. 2) Implikasi pembelajaran Kognitif perencanaannya mengacu pada KI-3 untuk mengembangkan keilmuan bahasa arab kepada peserta didik. Pelaksanaannya bertahap, satu tema bisa disampaikan tiga atau kali pertemuan. Evaluasi dalam pembelajaran kognitif ini berupa ulangan harian, UTS dan UAS. 3) Implikasi pembelajaran Psikomotorik. Perencanannya mengacu pada KI-4 untuk melatih keterampilan, keberanian, sikap bekerja sam peserta didik dengan sesama teman. Pelaksanan pembelajaran ini bisa melalui kegiatan insya’ (mengarang), khiwar (percakapan), dan qiro’ah (membaca). Sedangkan evaluasi pada pembelajaran ini melalui observasi langsung yang dilakukan guru, apakah peserta didik berani, percaya diri, mau bekerja sama atau tidak. Keterampilan inilah yang akan dibawa peserta didik sampai kapanpun. Keyword: Pembelajaran Bahasa Arab, tiga aspek psikologis manusia menurut Taksonomi Bloom.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Radjasa Mu’tashim, M. Si
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Bahasa Arab, tiga aspek psikologis manusia menurut Taksonomi Bloom.
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 06 Feb 2017 08:12
Last Modified: 06 Feb 2017 08:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23868

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum