PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN BIMBINGAN SEBAGAI SARANA MEMBANGUN KESADARAN MULTIKULTURAL SISWA KELAS VII SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA

Abdul Latif, NIM: 1420411176 (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN BIMBINGAN SEBAGAI SARANA MEMBANGUN KESADARAN MULTIKULTURAL SISWA KELAS VII SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN BIMBINGAN SEBAGAI SARANA MEMBANGUN KESADARAN MULTIKULTURAL SISWA KELAS VII SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA)
1420411176_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN BIMBINGAN SEBAGAI SARANA MEMBANGUN KESADARAN MULTIKULTURAL SISWA KELAS VII SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA)
1420411176_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Abdul Latif, S. Sos. I., NIM: 1420411176. Indonesia merupakan Negara dengan nilai multikultural terbesar di dunia. Fakta tersebut tentu mengundang potensi konflik yang sebanding, terlebih apabila proses internalisasi pada generasi muda tidak berjalan sebagaimana mestinya. Perlunya inovasi terhadap metode maupun sarana dalam proses internalisasi menjadi bagian yang harus dipenuhi. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan research dan development (R&D) yang disajikan dalam bentuk diskriptif. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengembangan media papan bimbingan sebagai sarana dalam membangun kesadaran multikultural siswa kelas VII SMP Negeri 15 Yogyakarta. Subjek dalam penelitian ditentukan berdasarkan pendekatan nonprobability sampling dengan teknik purposive. Subjek tersebut terdiri atas petugas ahli bidang bimbingan dan konseling yaitu konselor sekolah dan 17 siswa kelas VII SMP Negeri 15 Yogyakarta. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi serta angket penilaian. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan metode flow model Miles and Huberman berupa data reduction, data display, conclusion dan verification. Adapun hasil yang dapat ditampilkan dari penelitian ini berupa desain Rencana Pelaksanaan Layanan (RPL) informasi berbasis media papan bimbingan 3D. Pada penelitian ini juga mengungkapkan model papan bimbingan 3D lebih diminati oleh siswa dibandingkan model papan bimbingan konvensional dengan rata-rata perbandingan yaitu 76.08% : 50.33%. Sedangkan layanan informasi melalui sarana pembuatan papan bimbingan 3D tersebut 78.3% berpengaruh terhadap kesadaran multilultural siswa, di mana pada indikator pengetahuan mencapai 91.1%, indikator pemahaman 82.3%, indikator penerimaan 73.5% dan pada indikator penghayatan sebesar 66.1%. Key word: Media papan bimbingan, Kesadaran multikultural, SMP Negeri 15 Yogyakarta

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Casmini S. Ag., M. Si.
Uncontrolled Keywords: Media papan bimbingan, Kesadaran multikultural, SMP Negeri 15 Yogyakarta
Subjects: Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 06 Feb 2017 08:10
Last Modified: 06 Feb 2017 08:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23871

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum