PRODUKTIVITAS FI’IL DALAM PERUBAHAN DAN PEMAKNAAN (ANALISIS MORFOSEMANTIK TERHADAP KAMUS ARAB-INDONESIA KARYA PROF. DR. H. MAHMUD YUNUS)

ASHIEF EL QORNY, S HUM, NIM. 1420510001 (2016) PRODUKTIVITAS FI’IL DALAM PERUBAHAN DAN PEMAKNAAN (ANALISIS MORFOSEMANTIK TERHADAP KAMUS ARAB-INDONESIA KARYA PROF. DR. H. MAHMUD YUNUS). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PRODUKTIVITAS FI’IL DALAM PERUBAHAN DAN PEMAKNAAN (ANALISIS MORFOSEMANTIK TERHADAP KAMUS ARAB-INDONESIA KARYA PROF. DR. H. MAHMUD YUNUS))
1420510001_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PRODUKTIVITAS FI’IL DALAM PERUBAHAN DAN PEMAKNAAN (ANALISIS MORFOSEMANTIK TERHADAP KAMUS ARAB-INDONESIA KARYA PROF. DR. H. MAHMUD YUNUS))
1420510001_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Kamus-kamus yang secara tidak langsung merupakan hasil penelitian dari para penyusunnya, terdapat kosa kata yang telah dimuat di dalam kamus memiliki makna-makna yang telah mereka nilai sebagai kosa kata baku dan makna yang benar. Kamus sebagai alat bantu untuk mempelajari bahasa Arab belum ditemukan di abad awal perkembangan agama Islam di Indonesia. Teori bahasa yang menjadi landasan penulis dalam penelitian ini dapat membantu dalam memilih konsep yang tepat guna menganalisa objek penelitian yang diteliti. Konsep yang penulis maksud di sini adalah konsep morfosemantik yang merupakan gabungan dari morfologi dan semantik. morfosemantik dapat diartikan sebagai cabang ilmu linguistik yang mengidentifikasi satuan gramatikal beserta maknanya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-analitis, yaitu metode penelitian yang berusaha menggambarkan dan menginterpretasikan objek dengan apa adanya. Adapun pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, yaitu prosedur analisis yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata yang tertulis atau lisan dari orang atau perilaku yang dapat diamati. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ; (1) Fi’l madi dalam kamus tersebut tidak mengalami semua perubahan sesuai dengan wazan-wazan yang ada, hanya beberapa saja yang dapat mengalami bentuk perbuahan fi’l madi ke mazid. (2) Produktivitas makna fi’l mazid dalam kamus Arab-Indonesia pada wazan فعّل adalah التعدية , pada wazan فاعل adalah قد يكوف بدعنى فَػعَلَ المجرد , pada wazan أفعل adalah التعدية , pada wazan تفعّل adalah للتكليف dan الصيركرة , pada wazan تفاعل adalah للمشاركة , pada wazan انفعل adalah بؼطاكعة فَػعَلَ , pada wazan افتعل adalah بؼطاكعة فَػعَلَ , pada wazan افعلّ adalah الدلالة على الدخوؿ في الصفة , pada wazan استفعل adalah للطلب , pada wazan افعوعل adalah .قد يكوف بدعنى المجرد Kata kunci: kamus Arab-Indonesia, Mahmud Yunus, Produktivitas makna, Perubahan kata, Morfo-Semantik

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr.H. Akhmad Patah, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Morfosemantik, kamus Arab-Indonesia
Subjects: Agama Dan Filsafat
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 03 Feb 2017 09:16
Last Modified: 03 Feb 2017 09:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23875

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum