ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA ARAB (STUDI KASUS MUHADAS\AH YAUMIYYAH SANTRIWATI ASRAMA ASH-SHOFIYAH PONDOK PESANTREN TARBIYATUT THOLABAH LAMONGAN)

TRI TAMI GUNARTI, SHUM, NIM. 1420510020 (2016) ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA ARAB (STUDI KASUS MUHADAS\AH YAUMIYYAH SANTRIWATI ASRAMA ASH-SHOFIYAH PONDOK PESANTREN TARBIYATUT THOLABAH LAMONGAN). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA ARAB (STUDI KASUS MUHADAS\AH YAUMIYYAH SANTRIWATI ASRAMA ASH-SHOFIYAH PONDOK PESANTREN TARBIYATUT THOLABAH LAMONGAN))
1420510020_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA ARAB (STUDI KASUS MUHADAS\AH YAUMIYYAH SANTRIWATI ASRAMA ASH-SHOFIYAH PONDOK PESANTREN TARBIYATUT THOLABAH LAMONGAN))
1420510020_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren merupakan suatu kegiatan yang sudah menjadi kewajiban bagi santri, bahkan sebagian dari Pondok Pesantren mewajibkan kepada para santrinya untuk menggunakan bahasa Arab dalam berkomunikasi sehari-hari. Salah satunya adalah pesantren yang berada di Wilayah Lamongan Jawa Timur ini, yaitu Asrama ash-Shofiyah, salah satu Asrama di Pondok Pesantren Tarbiyatut Tholabah, tepatnya di Desa Kranji, Kecamatan Paciran, dan Kabupaten Lamongan. Keharusan berbahasa Arab dalam berkomunikasi sehari-hari melahirkan fenomena yang cukup menarik, yaitu ungkapan ‘yang penting berbahasa Arab’. Dari sinilah para santriwati banyak melakukan kesalahan dalam penggunaan struktur yang tidak sesuai dengan kaidah gramatika bahasa Arab. Dari latar belakang tersebut, peneliti hendak menganalisis kesalahan berbahasa Arab dalam berkomunikasi sehari-hari para santriwati Asrama ash- Shofiyah yang tidak sesuai dengan kaidah bahasa Arab, mencakup kesalahan pada morfologi dan sintaksis. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan bersifat deskriptif analitik. Tehnik pengumpulan datanya adalah dengan wawancara, menyimak, mencatat, dan dokumentasi. Sedangkan analisis pembahasan lebih direlevansikan dengan metode analisis kesalahan berbahasa, yaitu mengumpulkan kesalahan, mengidentifikasi kesalahan, menjelaskan kesalahan, mengklasifikasikan kesalahan dan mengevaluasi kesalahan. Analisis terhadap muhaddas\ah yaumiyyah yang dilakukan para santriwati Asrama ash-Shofiyah menunjukkan berbagai macam kesalahan gramatikal, baik pada ranah morfologi maupun sintaksis. Pada kesalahan morfologi, terdapat tiga jenis kesalahan, yaitu Penghilangan ya’ muannas\, Kesalahbentukan fi’il , dan Reduplikasi. Sementara itu, kesalahan pada ranah sintaksis meliputi: (1) Penghilangan unsur yang terdiri dari penghilangan subjek, penghilangan predikat, dan penghilangan kata tanya. (2) Penambahan Unsur yang kurang tepat, meliputi: Penambahan hurf jar, dan penambahan damir yang kurang tepat. (3) Kesalahbentukan, yang meliputi: Kesalahbentukan tarkib idafi, kesalahbentukan tarkib wasfi (na’at man’ut) , kesalahbentukan jumlah fi’liyyah , dan ix kesalahbentukan maf’ul fihi . (4) Kesalahurutan, yang meliputi: kesalahurutan istifham, dan kesalahurutan tarkib isnadi. Adapun faktor-faktor yang menjadi penyebab munculnya kesalahan adalah beberapa faktor linguistik, berupa: (1) transfer interlingual, (2) transfer intralingual yang meliputi: generalisasi yang berlebihan, Pengabaian pembatasan kaidah Bahasa Arab, Penerapan kaidah yang tidak sempurna, dan perumusan konsep secara keliru. (3) Konteks pembelajaran, (4) Strategi Komunikasi, dan (5) menghindari hukuman (ta’zir).

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Ubaidallah, M.Hum
Uncontrolled Keywords: Kesalahan Berbahasa Arab, Morfologi, Sintaksis
Subjects: Agama Dan Filsafat
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Agama dan Filsafat
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 06 Feb 2017 09:06
Last Modified: 06 Feb 2017 09:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23887

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum