PENGGUNAAN BLOK ALJABAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTs LENGKONG BATANGAN PATI

Ulya Nafi'ati, NIM.: 03430360 (2009) PENGGUNAAN BLOK ALJABAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTs LENGKONG BATANGAN PATI. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENGGUNAAN BLOK ALJABAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKANMINAT DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTs LENGKONG BATANGAN PATI)
BAB I,V.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGGUNAAN BLOK ALJABAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKANMINAT DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTs LENGKONG BATANGAN PATI)
BAB II,III,IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII MTs Lengkong Batangan Pati pada materi Faktorisasi Suku Aljabar menggunakan metode pembelajaran kooperatif dengan alat peraga blok aljabar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan (action research) dengan pendekatan penelitian deskriptif kuantitaif. Pada penelitian tindakan ini diterapkan metode pembelajaran kooperatif menggunakan blok aljabar dengan membentuk kelompok belajar dalam kegiatan belajar mengajar. Jenis penelitian tindakan ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR). Pengambilan data dilakukan dengan mengadakan angket, observasi, pretes dan postes dengan jumlah subjek penelitian 44 siswa. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata aktivitas siswa pada siklus 1 sampai dengan siklus 3 masing-masing sebesar 53,1%, 67,1%, 72,7%. Peningkatan aktivitas dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 14,0% dan peningkatan dari siklus 1 menuju siklus 3 sebesar 29,6%. Hasil rata-rata pretes-postes pada penguasaan konsep faktorisasi suku aljabar dari siklus 1 yaitu 5,64 dan 6,43 dengan kenikan sebesar 0,79, postes siklus 2 yaitu 7,32 dengan kenaikan sebesar 0,89 dari postes siklus 1, siklus 3 yaitu 7,7 dengan kenaikan sebesar 0,38. Berdasarkan hasil angket siswa setelah dilakukannya penelitian menunjukkan presentase nilai minat siswa dalam pelajaran matematika sebesar 70,2% meningkat 9,8% dari minat siswa sebelum dilaksanakan tindakan penelitian yaitu sebesar 60,4%. Dengan kata lain minat siswa meningkat dari awal yang berada pada kategori sedang menjadi lebih baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penggunaan blok aljabar dengan model pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa kelas VIII Mts Lengkong Batangan Pati pada pokok bahasan faktorisasi suku aljabar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Sumardiyono, M.Pd dan Endang Sulistiyowati S.Pd
Uncontrolled Keywords: Kooperatif, Minat, Blok Aljabar, Faktorisasi Suku Aljabar.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Metode Pengajaran, Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 01 Aug 2012 16:31
Last Modified: 16 Jul 2024 09:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2391

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum