PENGGUNAAN METODE ENTRY AGE NORMAL DAN INDIVIDUAL LEVEL PREMIUM DALAM PERHITUNGAN AKTUARIA UNTUK MANFAAT PENSIUN NORMAL

M. SAMSUL ARIFIN, NIM. 09610005 (2016) PENGGUNAAN METODE ENTRY AGE NORMAL DAN INDIVIDUAL LEVEL PREMIUM DALAM PERHITUNGAN AKTUARIA UNTUK MANFAAT PENSIUN NORMAL. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGGUNAAN METODE ENTRY AGE NORMAL DAN INDIVIDUAL LEVEL PREMIUM DALAM PERHITUNGAN AKTUARIA UNTUK MANFAAT PENSIUN NORMAL)
09610005_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGGUNAAN METODE ENTRY AGE NORMAL DAN INDIVIDUAL LEVEL PREMIUM DALAM PERHITUNGAN AKTUARIA UNTUK MANFAAT PENSIUN NORMAL)
09610005_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Manusia diciptakan untuk tidak terus menerus bekerja, suatu saat ia harus pensiun. Program pensiun hadir untuk mengupayakan manfaat pensiun bagi para pekerja. Penelitian ini membahas manfaat pensiun normal dan program pensiun manfaat pasti, yang manfaat pensiunnya ditentukan di awal. Metode Entry Age Normal (EAN) dan Individual Level Premium (ILP) digunakan sebagai metode perhitungan aktuaria. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui rumus akhir dan menghitung besaran iuran normal dan kewajiban aktuaria menggunakan metode EAN dan ILP. Selanjutnya, dari hasil perhitungan menggunakan kedua metode tersebut akan dibandingkan metode mana yang terbaik. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka. Data yang digunakan sebagai studi kasus ialah data sekunder dosen UIN Sunan Kalijaga yang berstatus PNS dan sudah pensiun sebanyak 5 orang. Teknik pengumpulan datanya menggunakan metode dokumentasi, sedangkan pengolahan datanya menggunakan software microsoft excel 2007. Tahapan analisisnya, yaitu menyusun tabel perhitungan; menghitung besar manfaat pensiun berdasarkan gaji terakhir; menghitung ; menghitung iuran normal, nilai akhir iuran normal dan kewajiban aktuaria; dan membandingkan kedua metode tersebut. Rumus iuran normal menggunakan metode EAN adalah ̈ ̈ ⌉ , sedangkan dengan metode ILP adalah ̈ ( ). Kewajiban aktuaria menggunakan metode EAN adalah ̈ ̈ ̈ | ̈ |, sedangkan dengan metode ILP adalah ( ). Rumus tersebut kemudian diterapkan dalam studi kasus. Hasilnya ialah, dengan manfaat pensiun yang sama, nilai akhir iuran normal menggunakan metode EAN dan ILP adalah cenderung sama. Akibatnya, antara metode EAN dan metode ILP tidak ada yang lebih baik. Kata Kunci: Entry Age Normal, Inividual Level Premium, Iuran Normal, dan Kewajiban Aktuaria.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Ki Hariyadi, S.Si., M.Ph. 2. Malahayati, S.Si., M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Entry Age Normal, Inividual Level Premium, Iuran Normal, dan Kewajiban Aktuaria.
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 08 Feb 2017 08:12
Last Modified: 08 Feb 2017 08:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23913

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum