ANALISIS SISTEM ANTRIAN PADA PEMBUATAN SURAT PERIZINAN DI KANTOR BIRO ADMINISTRASI PEMBANGUNAN SETDA DIY

Sirni Suryani, NIM. 10610024 (2016) ANALISIS SISTEM ANTRIAN PADA PEMBUATAN SURAT PERIZINAN DI KANTOR BIRO ADMINISTRASI PEMBANGUNAN SETDA DIY. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (ANALISIS SISTEM ANTRIAN PADA PEMBUATAN SURAT PERIZINAN DI KANTOR BIRO ADMINISTRASI PEMBANGUNAN SETDA DIY)
10610024_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS SISTEM ANTRIAN PADA PEMBUATAN SURAT PERIZINAN DI KANTOR BIRO ADMINISTRASI PEMBANGUNAN SETDA DIY)
10610024_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kantor Biro Administrasi Pembangunan Setda DIY merupakan salah satu badan layanan umum provinsi DIY yang bergerak dalam bidang perizinan. Seperti halnya dengan badan layanan umum yang lain, kantor ini juga menggunakan sistem antrian untuk mengatur dan melayani para pemohon izin. Permasalahan yang sering muncul yaitu jumlah pemohon melebihi kapasitas pelayanan yang berakibat terjadi antrian panjang di stasiun pelayanan. Oleh karena itu perlu dilakukan kajian dan analisis terhadap sistem antrian yang diterapkan di kantor tersebut guna mengetahui efektivitas dari sistem antrian yang ada. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif-kualitatif. Adapun variabel bebas penelitian adalah efektivitas sistem antrian sedangkan variabel terikat penelitian meliputi laju kedatangan antrian, waktu mengantri, waktu dalam sistem antrian, ratarata jumlah orang yang ada dalam sistem antrian, rata-rata jumlah orang yang mengantri, dan waktu sibuk pelayanan (steady state). Metodologi penelitian yang akan dilakukan oleh peneliti adalah metode observasi, koleksi data, dan study literature untuk mendukung kelengakapan data yang dibutuhkan. Hasil penelitian yang dilakukan di Kantor Biro Administrasi Pembangunan Setda DIY menunjukkan bahwa struktur model antrian yang diterapkan adalah model satu saluran tetapi banyak tahap (single channel multiphase). Adapun hasil olah data menunjukkan bahwa laju kedatangan pemohon adalah 0,116 pemohon/menit, waktu tunggu pemohon dalam sistem adalah 15,341 menit/pemohon, waktu tunggu pemohon dalam antrian adalah 21,497 menit/pemohon dengan jumlah rata-rata pemohon dalam sistem adalah 2,429 pemohon/menit, jumlah rata-rata pemohon dalam antrian adalah 1,705 pemohon/menit dan waktu sibuk (steady state) pelayanan adalah 83,24 menit atau 69,37% dari seluruh jam kerja layanan. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa sistem antrian di kantor Biro Administrasi Pembangunan Setda DIY sudah efektif, karena waktu tunggu dalam sistem maupun antrian tidak terlalu lama dengan persentase waktu sibuk pelayan di atas 60%. kata kunci: queuing, antrian, efektivitas antrian, Setda DIY

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Noor Saif M. Mussafi, M.Sc
Uncontrolled Keywords: queuing, antrian, efektivitas antrian, Setda DIY
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 08 Feb 2017 08:58
Last Modified: 08 Feb 2017 08:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23919

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum