GRUP NILPOTENT DAN APLIKASINYA DALAM KRIPTOGRAFI (MOR CRYPTOSYSTEM )

Erna Fitriana Rohmawati, NIM. 12610032 (2016) GRUP NILPOTENT DAN APLIKASINYA DALAM KRIPTOGRAFI (MOR CRYPTOSYSTEM ). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (GRUP NILPOTENT DAN APLIKASINYA DALAM KRIPTOGRAFI (MOR CRYPTOSYSTEM ))
12610032_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (GRUP NILPOTENT DAN APLIKASINYA DALAM KRIPTOGRAFI (MOR CRYPTOSYSTEM ))
12610032_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Grup nilpotent adalah grup dimana dengan menggunakan central series dari grup, sehingga dapat ditemukan suatu indeks, misalkan , dimana center dengan indeks dari grup tersebut adalah grup itu sendiri. Teorema-teorema dari grup nilpotent akan memunculkan beberapa sifat dan contoh grup nilpotent, diantaranya yaitu grup dihedral dan grup matriks upper triangular yang merupakan grup nilpotent. Perkembangan teknologi dan komunikasi pada era saat ini sangat pesat sehingga banyak ditemukan adanya interkoneksi antara aljabar dengan ilmu teknologi dan komunikasi. Salah satunya yaitu dalam bidang penyandian pesan. Kenyataanya suatu grup dapat diaplikasikan ke dalam suatu sistem penyandian pesan yang dinamakan kriptografi. Sistem kriptografi yang dipakai dalam penelitian ini adalah sistem kriptografi MOR dengan automorfisma grup. Sistem kriptografi ini lebih dikenal sebagai generalisasi dari sistem kriptografi ElGamal. Bedanya adalah pada grup yang digunakan. Jika pada sistem kriptografi ElGamal menggunakan grup siklik, sedangkan pada sistem kriptografi MOR menggunakan sebarang grup berhingga yang tidak harus siklik. Keduanya mempunyai kesamaan dalam tingkat keamanannya yaitu berdasarkan masalah logaritma diskrit. Penelitian ini akan menunjukkan bahwa grup dihedral dan grup matriks upper triangular yang keduanya merupakan grup nilpotent nantinya dapat digunakan sebagai aplikasi dalam sistem kriptografi MOR. Kedua grup tersebut akan digunakan dalam proses enkripsi dan dekripsi pada penyandian pesan. Uji coba dan implementasi dari penelitian ini akan menggunakan program MAPLE. Kata Kunci : grup nilpotent, central series, grup dihedral, grup matriks upper triangular, sistem kriptografi ElGamal, sistem kriptografi MOR, logaritma diskrit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Dr. Hj. Khurul Wardati, M.Si. 2. M. Zaki Riyanto, S.Si., M.Sc.
Uncontrolled Keywords: grup nilpotent, central series, grup dihedral, grup matriks upper triangular, sistem kriptografi ElGamal, sistem kriptografi MOR, logaritma diskrit.
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 08 Feb 2017 14:30
Last Modified: 08 Feb 2017 14:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23937

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum