قاموس المن ور على ضوء علم المعاجم (التحليل على جهة أحمد مختار في دراسة معجمية) = QAMUS AL MUNAWIR 'ALA DAU' 'ILM AL MA'AJIM (AL TAHLIL 'ALA JIHAT AHMAD MUKHTAR FI DIRASAH MU'JAMIYYAH)

ZAHROTUL ULA, NIM. 10110012 (2016) قاموس المن ور على ضوء علم المعاجم (التحليل على جهة أحمد مختار في دراسة معجمية) = QAMUS AL MUNAWIR 'ALA DAU' 'ILM AL MA'AJIM (AL TAHLIL 'ALA JIHAT AHMAD MUKHTAR FI DIRASAH MU'JAMIYYAH). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (قاموس المن ور على ضوء علم المعاجم (التحليل على جهة أحمد مختار في دراسة معجمية))
10110012_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (قاموس المن ور على ضوء علم المعاجم (التحليل على جهة أحمد مختار في دراسة معجمية))
10110012_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Dalam pembelajaran bahasa diperlukan alat bantu berupa kamus. Kamus adalah buku yang memuat kosakata bahasa yang ditulis berdasarkan alfabetis. Dalam penulisan kosakata, kamus memiliki aturan/standar yang digunakan sebagai rujukan. Aturan tersebut diketahui melalui disiplin ilmu yang mempelajari tentang perkamusan terutama tentang penulisan kamus yaitu Leksikografi. Sebagai salah satu disiplin ilmu yang mempelajari mengenai kamus, Leksikografi membuat sebuah aturan tentang penulisan kamus yang harus diperhatikan oleh para penulis kamus dalam membuat kamus diantaranya adalah tentang penyebutan kata, penyebutan ejaan dan penulisan, penyebutan nahwu dan sharaf, penyebutan kata turunan, dan penggunaan kata. Pada perkembangan dunia perkamusan Arab terutama di Indonesia diketahui bahwa “Kamus al Munawwir” merupakan salah kamus yang menjadi rujukan dalam mencari kosakata bahasa Arab baik pelajar, akademisi maupun umum. Maka perlu adanya penelitian mengenai sistem penulisan kamus al Munawwir dilihat dari perspektif penulisan kamus menurut ilmu leksikografi. Hal ini bertujuan guna mengetahui sistem penulisan kamus al Munawwir dari sudut pandang ilmu Leksikografi. Dengan menggunakan teori Ahmad Mukhtar penulis mengkaji kamus al Munawwir berdasarkan kriteria komponen kamus yang telah beliau tetapkan. dari sini diharapkan dapat diketahui bahwa kamus al Munawwir sudah memenuhi standar penulisan yang berlaku ataukah belum. Hal ini sangat penting diketahui mengingat kamus al Munawwir merupakan salah satu rujukan penting dalam mencari kosakata bahasa Arab. Pada penelitian ini penulis akan menggunakan penelitian evaluasi yaitu meneliti sistematika penulisan kamus al Munawwir berdasarkan kriteria para leksikograf terutama Ahmad Mukhtar Umar, karena menurut penulis pendekatan ini merupakan metode paling tepat untuk pembahasan kamus al Munawwir dilihat dari kesesuaian materi dengan kriteria kamus para leksikograf. Pendekatan yang digunakan adalah Analisis-Deskriptif yaitu menjelaskan keterkaitan antara kriteria kamus dan penulisan kamus al Munawwir. Adapun hasil dari penelitian ini adalah kamus al Munawwir bisa dikatakan memenuhi kriteria penulisan kamus berdasarkan leksikografi hal ini dikarenakan kamus al Munawwir dilihat secara umum sudah memenuhi komponen yang harus dimiliki oleh kamus. Dengan demikian, dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat menjadi sumbangan bagi perkembangan ilmu terutama di dalam perkamusan Arab di Indonesia, sehingga dapat mempermudah bagi pengguna kamus dalam mempelajari bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Khairon Nahdiyyin, MA
Uncontrolled Keywords: Kamus, Al Munawir, Qamus
Subjects: Kesusastraan Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 10 Feb 2017 12:49
Last Modified: 10 Feb 2017 12:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23972

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum